Cara Diet Alami Dengan Kentang

Banyak orang yang menginginkan memiliki bentuk tubuh yang ideal. Mereka rela melakukan apa saja untuk mendapatkannya. Diet mungkin merupakan salah satu yang dapat dilakukan. Banyak orang yang sering kebingungan mencari program diet yang tepat, karena terdapat banyaknya jenis program diet pada saat ini. Namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba salah satu cara diet sehat yang satu ini, yaitu diet sehat dengan menggunakan kentang.  Kentang bisa dimasukkan kedalam menu diet Anda dan berfungsi sebagai pengganti karbohidrat atau nasi dan banyak orang yang memilih dan memanfaatkan kentang sebagai salah satu makanan pokok dalam program diet mereka.

Konsumsi kentang secara teratur bisa membantu dalam menurunkan berat badan. Karena didalam kentang kaya akan kandungan vitamin A dan B, karbohidrat, serat, sodium, potassium, fosfor, dan zat besi. Karbohidrat yang tedapat didalam kentang dapat mengontrol rasa lapar dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini disebabkan karena kentang kaya akan pati atau amilum yang dapat membuat perut Anda terisi dengan nyaman. Selain membuat kenyang lebih lama, karbohidrat didalam kentang juga dapat memberikan energi ekstra, diaman energi tesebut dapat Anda gunakan sebagai bahan bakar dalam melakukan aktivitas atau ketika berolahraga. Satu kentang yang berukuran sedang hanya mengandung kurang lebih 150 kalori.

Kandungan vitamin B6 dan C yang juga terdapat didalam kentang dapat mendukung tubuh tetap segar dan fit. Vitamin ini sangat berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, kentang juga kaya akan serat yang dapat mendukung kelancaran sistem pencernaan dan mengandung air yang cukup tinggi, sehingga secara efektif dapat menghilangkan rasa lapar yang berlebihan.

Namun, kentang memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi dari pada nasi. Dalam 2 gram kentang rebus terdapat indeks glikemik sebesar 84, sedangkan pada nasi hanya 64. Makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi dapat menyebabkan beberapa gangguan bagi kesehatan, seperti meningkatakan kadar gula, menekan kolesterol baik, serta meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan diabetes. Maka dari itu, hal yang tepat untuk menikmati kentang yaitu dengan membatasi jumlah asupan kentang yang akan dikonsumsi. Untuk mengonsumsi kentang dalam diet hindari kentang yang digoreng dan sebaiknya memilih mengolah kentang dengan cara direbus atau dipanggang. Selain itu, jangan lupa untuk melengkapi kentang dengan sayuran.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam memanfaatkan kentang sebagai menu utama program diet, tips berikut dapat diteapkan secara baik dan teratur.

  1. Potong kentang dan panggang didalam oven. Jangan tambahkan bumbu dalam proses pemanggangan. Terapkan menu ini selama 7 hari dan lengkapi dengan konsumsi air yang cukup.
  2. Panggang 4 hingga 6 buah kentang berukuran sedang dengan tambahan sedikit garam dan minyak zaitun. menu ini bisa dinikmati hingga 7 hari.
  3. Rebus 3 buah kentang kemudian hancurkan. Panggang kentang tersebut dengan ditambahkan bawang putih dan jahe yang dapat membantu menurunkan lemak yang mengendap didalam tubuh.

Demikianlah informasi mengenai diet dengan menggunakan kentang. Jangan lupa untuk selalu melengkapi setiap program diet Anda dengan olahraga secara teratur.


0 Response to "Cara Diet Alami Dengan Kentang"

Posting Komentar