Cara Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan

Ketika wanita hamil dan kemudian melahirkan, tentu banyak sekali perubahan yang terjadi, salah satunya adalah perubahan pada fisik terutama bagian perut. Bagi beberapa wanita mungkin tidak memperdulikan kondisi perut yang kendur akibat melahirkan, namun bagi sebagian lain wanita yang selalu menjaga kecantikan dan postur tubuhnya akan berusahan semaksimal mungkin untuk mengembalikan kondisi perut mejadi langsing kembali tanpa meninggalkan kewajibannya untuk menyusui si kecil.

Perlu diperhatikan, jangan melakukan diet atau latihan sesaat setelah melahirkan. Berikan tubuh waktu untuk bisa memulihkan kondisinya terlebih dahulu. Diet yang ketat atau latihan yang terlalu berat dapat justru dapat membahayakn ibu dan bayi. Kebanyakan dalam kasus setelah kehamilan lemak perut adalah masalah yang bersifat sementara, dan setelah ibu mkenyusui makan setelah beberapa minggu atau bulan akan kembali normal.

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan


Sebenarnya ada cara sederhana yang dapat ibu lakukan untuk mengecilkan pert setelah melahirkan, yaaitu dengan meyusui. Menyusui memiliki dampak yang positif, baik bagi bayi maupun bagi ibu. Dengan menyusui, setiap harinya ibu telah mengurangi kalori dalam tubuh sebanyak 5.000 kaklori. Selain dengan menyusui, Anda juga dapat melakukan beberapa hal berikut untuk membantu mengecilkan perut Anda :

  • Kurangi porsi makan. Mulailah dengan membiasakan makan dalam porsi yang kecil namun sering. Cara tersebut efektif jika dilakukan dengan cara yang benar dan rutin. Makan 4 sampai 5 kali sehari dapat membantu dalam mengontrol jenis makanan yang dikonsumsi karena Anda tidak akan merasa kelaparan. Ketika merasa lapar, seseorang akan cenderung untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalori dan gula.

  • Jalankan pola hidup sehat dengan menyeleksi makanan yang mengandung lemak dan kalori yang rendah. Namun, bukan berarti Anda mengurangi atau membatasi makanan secara drastis, karena bayi akan membutuhkan nutrisi yang lengkap untuk menunjang pertumbuhannya. Ibu dapat meminta pengawasan menu makanan kepada keluarga, suami atau orang terdekat dalam memilih menu sehat setelah melahirkan dan dalam menjalankan pola hidup sehat. Atau Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mengatur menu sehat yang dapat Anda gunakan dalam mengatur diet Anda.

  • Penuhi kebutuhan air outih yang cukup. Minum air putih dapat menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut kendor setelah melahirkan. Air berfungsi untuk melarutkan racun dan penyakit dalam tubuh, sehingga pencernaan akan berfungs i secara maksimal. Mengonsumsi air putih setelah makan juga dapat membantu Anda makan lebih sedikit karena perut telah terasa kenyang. Selain itu juga air dapat mencairkan konsentrasi sodium dalam tubuh, sehingga dapat memperbanyak air yang keluar dari sistem pencernaan.

  • Lakukan oleh raga yang ringan seperti senam. Setelah luka bekas melahirkan Anda sembuh dengans empurna, Anda dapat melakukan senam yang dapat mengencangkan kembali otot-otot yang kendor juka dilakukan secara teratur.

  • Melakukan latihan otot pada perut. Latihan dapat dilakukan dengan cara duduk, berdiri atau berbaring dengan cara menarik perut ke bagian dalam dengan cara mengontraksikan pada otot perut, kemudian tahan beberapa menit.

  • Latihan otot perut dengan menggunakan shoulder lift. Latihan ini dapat dilakukan dengan sangat mudah, cukup dengan menggunakan matras dan kemudian Anda berbaring terlentang. Tekuk kaki dan telapak kaki menyentuh lantai. Kemudian hembuskan napas dan kontraksikan pada otot perut, angkat kepal serta pundak, tahan posisi tersebut dalam beberapa detik kemudian turunkan kembali kepala serta pundak secara perlahan.

Untuk memperkecil resiko yang mungkin terjadi setelah melahirkan, sebelum melakukan tahapan-tahapan dalam mengecilkan perut sebaiknay Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk memastikan kondisi tubuh apakan mampu untuk melakukan olahraga.

0 Response to "Cara Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan"

Poskan Komentar