Resep Makanan Rendah Kalori Untuk Diet

Mengatur jumlah asupan kalori adalah konsep utama dari program diet. Oleh sebab itu, tidak semua jenis makanan dianjurkan untuk dikonsumsi saat diet. Bagi sebagian orang, mungkin makanan rendah kalori ini menjadi incaran mereka dalam melakukan diet. Namun, bagi sebagian orang mungkin memiliki makanan rendah kalori terdengar seperti hal yang yang menyulitkan dan dapat menyiksa. Padahal, tidak ada yang sulit untuk dilakukan jika kita sudah menemukan kenyamanan, termasuk dalam melakukan program diet.

Perlu diperhatikan, kandungan dalam setiap jenis makanan itu berbeda. Namun, dalam melakukan diet rendah kalori tidak perlu menghindari makanan yang enak. Karena beberapa makanan sehat juga dapat diolah menjadi makanan-makanan yang enak. Berikut beberapa resep makanan yang rendah kalori yang dapat Anda masukkan kedalam menu diet, yaitu :


Sayuran hijau, seperti bayam, kangkung dan sawi sangat bagus untuk diet. Sayuran kaya kan serat namun mengandung rendah kalori dan karbohidrat. Selain itu, sayuran juga mengandung banyak mineral, antioksidan dan vitamin yang dibutuhkan tubuh, termasuk kalsium yang berperan dalam pembakaran lemak. Selain itu, terdapat sayuran lain yang baik untuk diet, diantaranya adalah brokoli, kembang kol, dan kubis.

Telur. Tidak hanya kaya akan protein dan lemak sehat, telur juga mengandung rendah kalori. Maka dari itu telur penting untuk dimasukkan ke dalam menu diet Anda. Satu butir telur berukurang besar mengandung 70 kalori dan memenuhi 13% priotein harian. Anda bisa mengolah telur menjadi omelet atau Anda juag membuat sandwich dari dua lembar roti panggang .

Ikan Salmon. Ikan jenis ini rendah kalori, namun mengandung banyak protein, lemak sehat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti omega 3 yang baik untuk mencegah berat badan naik.

Kentang rebus atau panggang. Dalam sebuah study yang mengukur indeks kepuasan (satiaty) dari 38 jenis makanna ketika dikonsumsi, termasuk beras merah dan roti  gandum, kentang berada diposisi teratas. Jadi, mereka yang mengonsumsi kentang mengaku lebih kenyang dan baru akan makan lagi setelah 2 jam. Bagaimanapun pengolahannya, baik dipanggang atau direbus, kentang tetap kaya akan vitamin, serat dan nutrisi yang lainnya.

Cabe. Cabe mengandung zat yang bernama capsaicin yang dapat membantu dalma pembakaran lemak. Cabe berfungsi untuk menurunkan berat badan.

Bubur oatmeal. Semangkuk penuh bubur oatmeal mampu membuat Anda merasa kenyang hingga jam makan siang tiba. Karena oatmeal terbuat dari biji gandum utuh, oatmeal melepas energi secara perlahan dan mampu menyimpan cadangan energi dalam tubuh yang lebih lama. Secangkir oatmeal hanya mengandung 150 kalori dan dapat memnuhi 15% asupan serat dan 10% zat besi dari kebutuhan gizi harian. Anda bisa mengkombinasikan beberapa potong buah segar sebagai topping, diantaranya seperti stroberi, raspbeerry,aprikot atau peach.

Smoothies. Jika Anda terlalu sibuk dan tidak sempat menyiapkan sarapan, maka Anda dapat mencoba melengkapi gizi pagi hari dengan cara diminu. Buatlah smoothies dari campuran satu cangkir susu skim dan pisang. Pisang bisa memnuhi kebutuhan karbohidrat, vitamin C, vitamin B6, magnesium dan pottasium. Sementara susu dapat memenuhi kebutuhan kalsium.

Yoghurt. Anda dapat mengolah berbagai jenis buah-buahan menjadi sarapan sehat yang kaya nutrisi dan rendah kalori. Yoghurt rendah lemak dengan toping buah segar bisa menjadi pilihan resep yang tepat Anda pilih.

Roti gandum. Royi gandum dengan isi telur/daging asap, tomat dan daun seladah merupakan salah satu pilihan terbaik, karena mengansung nutrisi yang lengkap. Seperti karbohidrat kompleks, protein, serat dan vitamin. Namun pastikan perbanyak sayuran dibandingkan dengan daging atua telur agar perut merasa lebih kenyang lebih lama.

Buah. Meskipun mengandung gula, namun serat yang dikandung buah dapat memperlambat gula masuk ke dalam aliran darah. Buah yang manis, kaya serat dan berair juga bisa menjadi pilihan ideal untuk sarapan. Mengandung gula alami dan sedikit karbohidrat yang memberi tambahan energi, namun ringan untuk dicerna tubuh yang sudah semalaman bekerja keras mengolah makanan. Namun, perlu diperhatikan, buah memiliki sifat mudah dicerna, sehingga sangat mudah membuat Anda merasa lapar. Maka dari itu, makanlah buah secara repetitif. Seperti mulai sarapan buah pukul 07.00, kemudian konsumsi buah lagi pada pukul 08.00 dan dilanjutkan pada pukul 10.00. Buah yang dapat Anda konsumsi adalah buah melon, jeruk, pir, anggur atau pisang. Batasi konsumsi tidak lebih dari 3-4 buah.



Berikut contoh menu diet sehat

Pagi :
2 lembar roti gandum
2 butir telur rebus/1 slice keju low fat
1 gelas susu non fat

Selingan :
1 porsi buah potong
1 gelas susu/yoghurt non fat

Siang :
100 gram nasi merah (6 sendok makan)
1 mangkuk sayur
1 potong ikan atau daging ayam tanpa lemak
1 potong tahu/tempe

Selingan :
1 mangkuk salad buah/1 porsi rujak segar

malam :
1 gelas susu non fat
1 mangkuk sayur bayam dan jagung manis


Selama Anda mematuhi aturan nutrisi tertentu, maka diet rendah kalori dapat Anda lakukan dengan aman. Intinya dalam program diet adalah mengatur asupan kalori. Selain dengan menjalankan program diet rendah kalori, sebaiknya Anda juga melakukan olahraga secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.


0 Response to "Resep Makanan Rendah Kalori Untuk Diet"

Poskan Komentar