Cara Diet Dengan Beras Merah

Beras merah sering digunakan sebagai menu diet sehat untuk menurunkan berat badan. Beras merah memang termasuk ke dalam jenis makanan pokok yang mengandung karbohidrat didalamnya. Nasi putih memang memiliki rasa yang lebih enak dibandingkan dengan nasi merah, namun beras merah memiliki kandungan zat gizi baik yang tidak terkandung didalam nasi putih. Beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada nasi putih. Hal ini karena beas merah tidak melalui proses penggilingan atau pengelupasan kulit. Lapisan kulit inilah yang nantinya memiliki kandungan nilai gizi, nutrisi dan serat yang penting bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat beras merah untuk menurunkan berat badan :

  1. Rasa Kenyang Lebih Lama

    Beras merah mengandung karbohidrat komplek yang bisa menambah energi lebih lama. Karbohidrat kompleks itu dikenal sangat baik bagi kesehatan, sama halnya seperti yang terdapat pada gandum dan oatmeal.

  2. Baik Bagi Pencernaan

    Beras merah memiliki kandungan serat 6 kali lebih tinggi dari pada nasi putih. Beberapa manfaat serat pada beras merah diantaranya untuk melancarkan pencernaan, mengurangi resiko kanker pada kolon, mencegah timbunan plak kolesterol jahat, mengendalikan insulin dan gula darah, mengurangi resiko wasir dan iritasi pada usus, serta nilai glikemik indek yang lebih rendah.

Sebagai salah satu jenis makanan pokok, kandungan beras merah memberikan sumber energi bagi tubuh untuk beraktivitas. Sumber karbohidrat kompleks dari beras merah ini membuatnya lebih unggul. Setiap 1,5 cangkir/porsi beras merah matang memiliki kurang dari 110 kalori. Presentasi kandungan beras merah ini membentuk presentase sebagai berikut :
  • Karbohidrat, 85% (8% berasal dari protein dan 7% lemak)
  • Serat, 7% (dari serat yang dibutuhkan untuk diet 2.000 kalori)
  • Vitamin B, (sebagian kecil thiamin, ribloflavin, vitamin B-6, folat, dan niacin). Manfaat vitamin B ini cenderung untuk bekerja bahu membahu untuk menarik energi dari makanan yang dimakan. Selain itu, juga mendukung proses otak dan pembentukan sel darah.
  • Magnesium, fosfor dan kalsium, untuk menjaga kesehatan tulang yang kuat
  • Kalium, untuk keseimbangan cairan dan fungsi jantung.

Banyak orang yang telah merasakan kebaikan dari beras merah untuk menurunkan berat badan. Rendahnya kandungan kalori pada beras merah akan sangat efektif untuk membantu mencegah perut buncit atau kelebihan kalori. Selain itu, para pelaku diet juga harus memperhatikan gaya hidup sehat, termasuk melakukan aktifitas fisik. Aktifitas yang dilakukan dapat berupa aktifitas yang ringan namun rutin dilakukan.

0 Response to "Cara Diet Dengan Beras Merah"

Poskan Komentar