Faktor Penyebab Obesitas

Obesitas adalah kelebihan berat badan yang diakibatkan oleh penumpukkan sel-sel lemak. Setiap orang membutuhkan lemak untuk menyimpan energi, penyekat panas, penyerap guncangan, dan sebagainya.  Namun, jika timbunan lemak tersebut dalam jumlah yang banyak justru akan merugikan metabolisme tubuh.

Obesitas merupakan masalah yang muncul didunia. Saat ini sekitar 300 juta orang diseluruh dunia mengalami obesitas. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendeklarasikan obesitas sebagai epidemik global. Prevalensinya meningkat, tidak hanya dinegara-negara maju, namun uga terjadi di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Secara ilmiah obesitas terjadi akibat asupan kalori dalam tubuh lebih banyak dibandingkan dengan yang dibutuhkan oleh tubuh. Penyebab dari terjadinya ketidak seimbangan antara asupan dan pembakaran kalori ini masih belum jelas. Obesitas dapat meningkatkan resiko penyakit lainnya, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi (Hipertensi). Obesitas biasanya ditentukan dengan menggunakan BMI atau Body Mass Index yang didasarkan pada berat dan tinggi badan.

Obesitas dikelompokkan menjadi 3 golongsn, yaitu :
  • Obesitas ringan, kelebihan berat badan 20-40%
  • Obesitas sedang, kelebihan berat badan 41-100%
  • Obesitas berat, kelebihan berat badan >100%. Obesitas berat ditemukan sebanyak 5% diantara orang-orang yang berbadan gemuk.

Faktor Penyebab Obesitas


Faktor Genetik

Obesitas dapat diturunkan dari generasi sebelumnya dalam sebuah keluarga. Jika salah satu orang tua mengalami obesitas, maka kemungkinan besar anaknya pun memiliki resiko mengalami obesitas juga. Dalam hal ini, nampaknya faktor genetik telah ikut campur dalam menentukan jumlah unsur sel lemak dalam tubuh. hal ini dimungkinkan karena pada saat ibu yang obesitas sedang hamil, maka unsur sel lemak yang berjumlah besar dan melebihi ukuran normal secara otomatis akan diturunkan kepada bayi selama dalam kandungan. Meskipun belum pasti, namun kecenderungan tersebut sering tampak di lingkungan sekitar. Sebuah penelitian menyatakan bahwa jika ibu biologis mengalami obesitas, maka keturunannya memiliki peluang 75% mengalami obesitas.

Gaya Hidup

90% obesitas terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat. Salah satu faktornya adalah karena asupan makanan yang melebihi kebutuhan tanpa diimbangi aktivitas yang cukup. Padahal, aktivitas sangat dibutuhkan untuk membakar kelebihan energi yang ada. Jika kurangnya aktivitas itu terjadi, maka kelebihan energi akan diubah menjadi lemak dan disimpan didalam sel-sel lemak.

Faktor Psikis

Apa yang ada didalam pikiran seseorang akan mempengaruhi kebiasaan makannya. banyak orang yang memberikan reaksi terhadap emosinya dengan makan. Salah satu bentuk gangguan emosi adalah persepsi diri yang negatif. gangguan ini merupakan masalah yang serius yang terjaid pada banyak wanita muda yang menderita obesitas.

Faktor Lingkungan

Gen merupakan faktor yang penting dalam berbagai kasus pobesitas, namun, lingkungan seseorang juga memegang peranan penting. Lingkungan ini termasuk perilakuk gaya hidup, misalnya apa yang dimakan dan berapa kali seseorang makan serta bagaimana aktivitasnya. Pola genetik mungkin tidak dapat dirubah, tapi seseorang dapat merubah pola makan dan aktivitasnya.

Faktor Lain

Beberapa faktor lain yang juga ikut berperan dalam obesitas adalah konsumsi obat-obatan tertentu (seperti obat depresi), kondisi medis, dan faktor usia. Semakin bertambahnya usia seseorang, maka kinerja sistem metabolisme tubuh juga akan menurun. Hal ini bisa menyebabkan lemak menjadi lebih cepat tersimpan.

Sekarang penyakit obesitas ini dapat menyerang pada siapa saja, termasuk remaja, anak-anak, hingga balita. Jadi pencegahan sangat perlu dilakukan untuk menekan resiko terjadinya obesitas. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah obesitas, diantaranya :
  • Lakukan olahraga secara rutin dan teratur
  • Makan makanan yang sehat dan mengadnung rendah lemak
  • Jaga berat badan agar tetap ideal dan sehat
  • Selalu konsisten terhadap perencanaan mengenai gaya hidup sehat sehari-hari.

Kesadaran akan bakan obesitas masih rendah di masyarakat. Sebagian orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka telah mengalami obesitas dan berpikir bahwa berat badannya normal. Hal ini tidak boleh dibiarkan, karena obesitas merupakan sumber berbagai jenis penyakit.


0 Response to "Faktor Penyebab Obesitas"

Poskan Komentar