Langkah Diet Sehat dan Seimbang

obat-pelangsing.org,- Pola makan sehat bukan berarti menjalankan menu diet yang ketat, menekankan harus memiliki badan yang kurus atau tidak pernah lagi mengonsumsi makanan favorit. Namun, pengaturan pola makan pada menu diet lebih kepada untuk mendapatkan tubuh yang langsing sehat dan beerenergi, gaya hidup yang sehat, memiliki stamina dan vitalitas yang tinggi. Car diet sehat yang seimbnag akan membantu menurunkan berat badan dan menciptakan gaya hidup yang sehat yang dapat dipertahankan setelah berat badan mengalami penurunan.

Langkah diet sehat dan seimbang berawal dari pintar dalam memilih menu diet sehat yang dapat mengurangi resiko dari serangan penyakit, seperti masalah jantung, kolesterol, kanker, diabetes dan bahkan depresi. Belum lagi pemilihan menu yang tepat dapat meningkatkan energi, mempertajam memory, dan menstabilkan mood. Mempercepat metabolisme tubuh dan makan makanan yang tepat akan membantu diet sehat yang sedang dijalankan dan juga membantu mempertahankannya. Variasi dalam cara diet sehat juga penting untuk memastikan bahwa nutrisi penting untuk tubuh tidak dihilangkan, seperti protein, karbohidrat, dan lemak.

Protein

Setiap sel dalam tubuh memiliki protein. Protein didalam tubuh digunakan untuk memperbaiki, menumbuhkan kembali dan membangun kembali otot, rambut, kulit, organ, sel, dan bahkan kuku. Mendapatkan cukup protein dalam diet sehat merupakan hal yang penting untuk fungsi tubuh, dan juga untuk membakar energi sepanjang hari.



Karbohidrat

Karbohidrat dan protein mengandung 4 kalori per gram. Berkonsentrasi pada makanan yang memiliki karbohidrat tanpa kalori ekstra, lemak dan gula akan emmbantu menjaga konsumsi karbohidrat pada diet sehat dengan bermanfaat dan sehat. Karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian sangat penting dalam menurunkan berat badan dan untuk kesehatan secara menyeluruh. Setiap butir dari sereal, roti beras, pasta, buah dan sayur mengandung serat yang tinggi. Serat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih cepat dan lebih lama, sehingga akan makan dalam junlah yang sedikit. Agar serat dapat dicerna dengan baik, pastikan minum air yang cukup. Air penting bagi semua fungsi tubuh dan dapat membantu tubuh untuk membakar kalori lebih mudah dab menghindari sembelit.


Lemak

Asam lemak tak jenuh tunggal merupakan lemak yang baik untuk tubuh. Suber asam lemak tak jenuh tunggal terdapat pada beberapa jenis makanan, seperti buah alpukat, ikan, minyak zaitu, dan kacang-kacangan. Asam lemak tak jenuh tunggal yang dikombinasikan dengan biji-bijian dan antioksidan dapat mengurangi lemak diperut, kolesterol jahat yang lebih rendah, dan meningkatkan kolesterol baik.



Berikut beberap atips sederhana dalam menyusun menu diet sehat, seperti berikut :
  1. Gantilan pola makan secara bertahap dan realistis
  2. Makan dalam jumlah yang wajar dan sering, namun dalam porsi yang kecil
  3. Perbanyak konsumsi karbohidrat sehat danserat alami untuk energi lebih tahan lama
  4. Hindari lemak tidak sehat (lemak jenuh dan trans fat), seperti lemak dar i daging, susu sapi, mentega, makanan ringan, permen, dan sebagainya
  5. Sertakan makanan dari asam lemak tak jenuh ganda, seperti omega 3 dan 6 dari ikan salmon, makarel, dan beberapa ikan  lainnya, minyak goreng dari bunga matahari, minyak jagung, kedelai, walnut, dan flaxseed dalam menu diet Anda
  6. Seimbangkan asupan antara protein nabati dan protein hewani.

Langkah diet sehat dan seimbang dapat dimuali dengan memilih menu makanan diet sehat yang memiliki gizi yang seimbang, kemudian diikuti dengan olahraga yang teratur dan memperhatikan pola istirahat yang cukup. Sangat penting untuk mengonsumsi air yang cukup, minimal 2 liter perhari atau setara dengan 8 gelas dan juga hindari stress. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

0 Response to "Langkah Diet Sehat dan Seimbang"

Posting Komentar