Tips Diet Sehat Untuk Pria

Tidak hanya wanita yang selalu mengidamkan bentuk tubuh yang ideal dan sehat, tapi kaum pria juga banyak yang menginginkan memiliki bentuk tubuh yang ideal. Dan masalah yang paling sering dikeluhkan oleh pria pada dirinya adalah masalah perut buncit. Pada sebaian besar kasus, perut buncit pada pria disebabkan karena tingkat konsumsi alkohol yang berlebihan. Namun, meskipun tidak mengonsumsi alkohol bukan berarti pria tidak akan memiliki perut buncit. Stress juga bisa menjadi salah satu pemicunya. Karena pada saat stress, nafsu makan seseorang akan meningkat, sehingga akan makan dalam porsi yang besar.

Memang tidak mudah untuk mengajak pria melakukan diet. Karena bagi kebanyakan pria berdiet merupakan hal yang cukup erat kaitannya dengan wanita. Sebenarnya diet penting bagi semua orang, baik itu pria atau wanita. Diet bukan hanya untuk menjaga penampilan agar tetap ideal, namun juga dengan berdiet kita bisa menjaga kesehatan. Karena kelebihan berat badan identik dengan berlebihnya kadar lemak yang ada didalam tubuh, dan hal tersebut secara otomatis akan menimbulkan masalah kesehatan dalam jangka panjang.

Beberapa fakta menyebutkan bahwa pria cenderung lebih mudah untuk menghilangkan lemak dibandingkan wanita. Mengapa demikian ?
  1. Hormon testosteron menyebabkan massa otot pria lebih banyak dibandingkan dengan wanita, sehingga pembakarannya lebih banyak.
  2. Wanita memililki estrogen yang berfungsi menumbuhkan organ kewanitaan, sehingga tubuh wanita memang menyimpan lebih banyak lemak.
  3. Setelah usia 30-an, tubuh wanita lebih cenderung sulit untuk membakar lemak karena terjadi penurunan growth hormone dan progesteron. Kedua hormon tersebut berperan dalam proses pembakaran lemak.

Pada dasarnya cara diet bagi pria hampir sama dengan wanita, yaitu dengan mengatur pola makan dan gaya hidup menjadi lebih sehat. Namun, pada umumnya pria tidak suka melakukan diet seperti wanita yang umumnya lebih memerhatikan makanan, mengorangi porsi makan, dan sebagainya. Maka pria dapat mengganti jenis serta cara memasak makanan.
Misalnya mengganti kebiasaan mengonsumsi ayam goreng dengan daging ayam tanpa lemak yang cara memasaknya dibakar atau dikukus dan lebih memilih badian dada tanpa lemak dibandingkan dengan bagian paha. Jadi Anda dapat mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Mulailah mengganti asupan karbohidrat sederhana (nasi putih, gula, mie instan, dll.) dengan jenis karbohidrat kompleks, seperti roti gandum utuh, kentang, biji-bijian, dan sebagainya. Perbanyak konsumsi buah dan sayur, serta konsumsi kopi atau teh hijau tanpa gula sebelum berolahraga untuk mempercepat proses pembakaran lemak.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan latihan beban untuk mambantu proses pembakaran lemak. Bergabung dengan salah satu klub kebugaran merupakan pilihan yang baik. Selain memiliki teman baru, Anda juga akan mendapatkan informasi tentang tips diet sehat untuk pria.

Jadi, berdiet bukan hanya bisa dilakukan oleh kaum wanita, namun kaum pria juga bisa melakukannya. Dengan berdiet, selain mendapatkan tubuh yang ideal, namun juga Anda akan mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Apakan Anda siap untuk melakukan perubahan mulai hari ini ? satu langkah kecil akan mengawali perubahan besar Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 Response to "Tips Diet Sehat Untuk Pria"

Poskan Komentar