Ingin Langsing ? Ayo Sarapan !

Orang-orang yang sedang menjalani diet sering  beranggapan bahwa dengan meninggalkan makan  akan membuat berat badan menurun. Dan  kebanyakan waktu yang mereka lewatkan untuk  makan adalah pagi. Ternyata pemikiran tersebut  dinilai kurang tepat, karena sarapan pagi justru akan  membantu membuat tubuh menjadi langsing ideal.  Pastiak untuk mendapatkan asupan sarapan yang  sehat dan baik, karena hal itu akan membantu  metabolisme tubuh untuk bekerja lebih baik.


Sarapan merupakan modal untuk menjalankan  antivitas sehrai-hari. Maka dari itu, makanan yang  harus dikonsumsi ketika sarapan haruslah  berkualitas, seperti karbohidrat, protein, dan serat.  Makanan yang mengandung karbohidrat, seperti  nasi, kentang, dan roti dapat membuat tubuh  menjadi lebih bertenaga. Jika makanan yang  dikonsumsi ketika sarapan mengandung karbohidrat,  maka tubuh tidak akan merasa lemas dan tetap  memiliki tenaga hingga menjelang makan siang.

Selain kandungan karbohidrat, kandungan protein  juga harus selalu ada didalam menu sarapan. Karena  protein akan membuat perut terasa kenyang lebih  lama, serta dapat meningkatkan konsentrasi. Protein  yang bisa dikonsumsi pada pagi hari diantaranya  seperti telur rebus, tahu, tempe, ikan, dan ayam. Dan  juga usahakan untuk selalu menyertakan serat pada  saat sarapan untuk membantu melancarkan  pencernaan. Anda bisa menambahkan jus atau  buah-buahan pada meja makan Anda atau juga bisa  dikonsumsi pada saat sebelum memulai aktifitas atau  disela-sela aktivitas.


Sarapan Untuk Menurunkan Berat Badan


Dalam hasil sebuah study yang dipublikasikan di  American Journal of Epidemiology, para relawan  yang mendapatkan 22%-55% dari total kalori pada  waktu sarapan hanya menambahh berat badan  sekitar 0,85 kg secara rata dalam waktu empat  tahun. Sementara mereka yang mendapat  asupankalori sebanyak 0-11 kalori pada pagi hari  berat badannya dapat bertambah hingga 1,5 kg. Hal  itu dikarenakan orang yang sarapan dalam porsi  yang besar cenderung memiliki kadar hormon  gherlin yang lebih tinggi. Hormon tersebut berfungsi  untuk mengontrol nafsu makan, sehingga pada  waktu makan selanjutnya cenderung tidak  berlebihan.

Walaupun demikian, sebaiknya tidak mengonsumsi  makanan dengan kandungan kalori yang tinggi.  Hindari makanan dan minuman manis, serta  makanlah makanan yang mengandung serat tinggi,  karena tubuh akan mencerna makanan yang  mengandung serat tinggi dan mengandung gula yang  rendah secara lambat. Sehingga tubuh akan  menyediakan energi yang konstan dan membuat  perut tidak cepat merasakan lapar.

Menghindari sarapan dan memilih melakukan  aktifitas dengan keadaan perut yang kosong justru  dapat menyebabkan obesitas. Rasa lapar yang  berlebihan dan menjelang siang membuat Anda  mengonsumsi makanan dalamjumlah yang besar.  Hal tersebut dapat membuat lemak disekitar perut  menumpuk dan meningkatkan kadar kolesterol yang  merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.  Selain itu, tidak adanya asupan makanan di pagi hari  juga bisa memicu kadar insulin lebih tinggi dalam  darah. Jika hal tersebut dibiarkan secara terus  menerus maka dapat menjadi awal terjadinya  penyakit diabetes.

Maka dari itu, sarapan sangatlah penting untuk  menjaga tubuh agar tetap berenergi. Sehingga tetap  bisa melakukan rutinitas harian Anda dengan prima.  Selain itu juga dengan sarapan yang sehat kita bisa  mendapatkan bentuk tubuh yang langsing ideal. Jadi,  sudah sarapankan Anda pagi ini ?

0 Response to "Ingin Langsing ? Ayo Sarapan !"

Posting Komentar