Manfaat Diet Bagi Kesehatan

Hampir semua orang pasti pernah melakukan diet.  Diet lebih dikenal sebagai cara untuk menurunkan  berat badan. Tidak hanya untuk menurunkan  berat badan, diet juga memiliki manfaat lain untuk  kesehatan tubuh. Manfaat diet bagi kesehatan yang  bisa didapatkan secara umum memang diketahui  untuk menambah kesehatan tubuh secara  keseluruhan. berdasarkan alasan melakukannya,  diet dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu :

  1. Diet untuk menurunkan berat badan. Ini yang  paling sering dijadikan alasan oleh banyak orang  untuk melakukan diet.
  2. Diet untuk meningkatkan berat badan. Bagi  olahragawan yang membutuhkan fisik yang kuat  justru menjadikan diet sebagai usaha untuk  mendapatkan berat badan yang ideal.
  3. Diet karena ada pantangan terhadap makanan  tertentu. Biasanya diet ini dilakukan oleh orang- orang yang mengidap penyakit tertentu.

Manfaat Diet Untuk Kesehatan Tubuh


Para peneliti telah menemukan berbagai fakta  menarik seputar tingkat kesehatan orang-orang  yang melakukan diet. Mereka yang melakukan diet  tidak hanya dapat menurunkan berat badan,  namun juga mendapatkan manfaat yang cukup  berharga dari diet yang mereka jalani, diantaranya  :

Mencegah Infeksi dan Penyakit

Mengonsumsi semua makanan dalam porsi yang  seimbang akan membantu tubuh dalam menceha  banyak infeksi dan gangguan penyakit. Jika tubuh  mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan,  maka aaaaaakan meningkatkan fungsi sistem  kekebalan tubuh yang akan berusaha untuk  mencegah berbagai infeksi. Dengan menjalankan  diet seimbang, maka akan mengurangi  kemungkinan serangan berbagai penyakit, seperti  kanker, diabetes, hipertensi, dan sebagainya.

Bebas Gangguan Pencernaan

Pola makan yang dilakukan sebanyak 5-6 kali  sehari ternyata baik untuk kesehatan pencernaan.  Mejaga perut tetap kenyang merupakan solusi  yang tepat agar asam lambung tidak meningkat  hingga melukai lambung. KOndisi lambunag lebih  kondusif dalam keadaan kenyang daripada ketika  menahan lapar.

Menjaga Kualitas Tidur

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal  online Appetite, tidur yang singkat diakibatkan  karena kurangnya air putih dan asupan  karbohidrat dalam tubuh. Penelitian lain  menambahkan bahwa tidur yang kurangnyenyak  disebabkan oleh kurangnya manfaat vitamin C dan  selenium. Vitamin C dan selenium sendiri banyak  ditemukan pada sumber makanan nabati dalam  manfaat sayur-sayuran. Program diet yang  membiasakan mengonsumsi makanan sehat  seperti buah dan sayur akan turut mempengaruhi  kualitas tidur menjadi lebih baik.

Mencerdaskan Otak

Sekitar 60% dari otak manusia tersusun atas  lemak. Lemak yang dimaksud yaitu lemak dari  manfat oemga 3 yang membantu hubungan antar  sel didalam otak menjadi lebih baik. Konektivitas  antara sel yang semakin membaik, maka akan  semakin baik pula kemampuan berpikir seseorang  dalam memecahkan masalah. Kandungan omega 3  bisa didapatkan dari makanan seperti ikan salmon,  tuna, minyak ikan, kacang-kacangan, dan  sebagainya.

Tidak hanya itu, beberapa manfaat lain dari diet  diantaranya seperti membuat lebih cantik dan awet  muda, panjang umur, memelihara kesehatan  tubuh, dan sebagainya. Kita dapat memiliki tingkat  kesehatan yang lebih bauk hanya jika semua  karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan  sebagainya dikonsusmi dalam jumlah yang sesuai  dan tidak berlebihan. Agar kualitas hidup lebih  sehat, tidak hanya dengan melakukan diet yang  seimbang, tapi juga harus dibarengi dengan  kualitas tidur yang baik dan olahraga yang teratur.

Jadi, melakukan diet bukan hanya untuk  menurunkan berat badan saja. Itu hanya salah  satu dari manfaat yang bisa didapatkan dari diet,  karena diet memiliki banyak manfaat yang  bisa didapatakan jika dilakukan dengan tepat.



http://www.obat-pelangsing.org/

0 Response to "Manfaat Diet Bagi Kesehatan"

Poskan Komentar