Kenapa Sulit Turunkan Berat Badan ?

Bagi sebagian orang, mungkin diet merupakan suatu  hal yang tidak pasti. Ada orang yang bisa  menurunkan berat badan dengan mudah karena diet,  ada juga yang telah berusaha keras melakukan diet  tapi  berat badannya tida kunjung turun, dan ada juga  orang yang berhasil menurunkan berat badannya,  namun tidak lama kemudian berat badannya kembali  naik.

Susahnya menurunkan berat badan seringkali menjadi  polemik tersendiri bagi sebagian orang. Sebenarnya  banyak faktor yang bisa membuat seseorang gagal  dalam menurunkan dan mempertahankan berat  badannya. Kegagalan itupun dapat membuat sebagian  orang menjadidepresi dan putus asa, sehingga tidak  perduli lagi dengan kondisi berat badannya.

Banyak orang yang bertanya kenapa meskipun telah  melakukan berbagai cara diet, tapi berat badan tidak  kunjung turun. Perlu diketahui, bahwa tidak semua  cara yang dipilih itu benar dan cocok untuk Anda.  Beberapa orang hanya melakukan program  penurunan berat badan tanpa mengetahui kunci dari  suksesnya program tersebut. Terkadang, ketidak  tahuan tersebut justru bisa menyebabkan berat badan  menjadi menetap atua bahkan cenderung naik. Selain  itu, pandangan umum yang salah kaprah juga ikut  andil dalam sulitnya menurunkan berat badan.

Berat badan identik dengan pola makan dan pola hidup  yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pola  makan yang baik dan benar yaitu menyeimbangkan  semua gizi dan nnutrisi yang dibutuhkan tubuh. Hal  ini akan membuat proses metabolisme serta  penyaluran sari-sari makanan secara sempurna.

Berikut beberapa penyebab lain yang membuat sulit  turunkan berat badan :
  • Selama ini, makanan berlemak, berkadar gula tinggi,  dan berkarbohidrat tinggi dapat menyebabkan  timbunan lemak. Namun, tidak hanya itu, makanan  yang asin juga bisa membuat timbunan lemak didalam  tubuh. Makanan yang mengandung garam cenderung  menahan proses penurunan berat badan, jarena  mengandung garang yang terlalu banyak didalam  tubuh yang dapat menahan cairan yang sangat  bermanfaat bagi proses metabolisme. Metabolisme  yang terganggu tentu akan menyulitkan untuk  menurunkan berat badan.
  • Berfikir bahwa porsi kecil tidak banyak mengandung  kalori. Banyak orang yang lebih memiliki memakan  rori mentega atau keripik kentang dari pada makan  nasi uduk. Mereka berpendapat bahwa makanan besar  mengandung banyak kalori dari pada makanan dalam  porsi yang kecil. Namun, tidak semua makanan yang  terlihat besar memiliki kandungan kalori yang juga  besar, bahkan kalori didalam roti mentega atu keripik  kentang bisa jauh lebih besar daripada nasi uduk yang  jauh lebih mengenyangkan.
  • Minum air putih. Makanan memang selalu menjadi  perhatian utama bagi mereka yang menurunkan berat  badan, dan lupa bahwa minuman juga berpotensi  untuk membuat badanmenjadi gemuk. Anda telah  menjaga pola makan, namun masih mengonsumsi soft  drik, teh dengan banyak gula, atau yang lainnya.  Maka, jika Anda masih mengonsumsi minuman  tersebut kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa  berkali-kali lipat. Anda bisa memilih air putih atau air  mineral jika ingin menurunkan berat badan. Atau  Anda juga bisa memilih jus buah, namun Anda harus  membuatnya sendiri karena jus buah kemasan  mengandung banyak gula dan dapat menimbun kalori.
  • Usahakan untuk menikmati setiap makanan yang  dikonsumsi. Perut membutuhkan waktu sekitar 20  menit untuk memberi sinyal ke otak bahwa makanan  yang dimakan cukup. Maka dari itu, usahakan untuk  menikmati setiap makanan yang Anda kunyah.
  • Kebiasaan ngemil. Biasanya makan sedikit, tapi ngemil  banyak. Inilah yang banyak dilakukan oleh sebagian  orang. Cemilan ringan dan tidak mengenyangkan  biasanya mengandung banyak kalori. Bandingkan saja  dengan wafer, keriping kentang, keripik singkong, dan  cemilan ringan lainnya dalam setiap satu bungkus  sedang memiliki kandungan kalori yang sama dengan  sepiring nasi goreng yang mengenyangkan. Jika  ngemil merupakan suatu hal yang tida dapat Anda  tinggalkan, Anda bisa mengganti cemilan dengan  buah-buahan segar. Agar tidak bosan, Anda bisa  mengganti buah-buahan tersebut setiap hari. Jika  Anda ingin menikmati cemilan yang Anda sukai, beri  batasan pada cemilan tersebut. Anda bisa  mensiasatinya dengan menuangkan cemilan tersebut  ke dalam wadah kecil dari pada langsung makan dari  kemasannya. Dengan begitu, Anda tidak akan tergoda  untuk makan lebih banyak.
  • Stress. Terlalu stress dalam proses penurunan berat  badan sangat tidak baik. Karena stress dapat membuat  tubuh mengeluarkan hormone kortisol yang bisa  menghambat metabolisme dan meningkatkan nafsu  makan. Untuk mengatasi stress, Anda bisa melakukan  hal-hal yang menyenangkan namun tetap  menyehatkan, seperti yoga, meditasi, rekreasi, atau  sebagainya.
  • Kebiasaan begadang juga disebut bisa membuat  seseorang sulit untuk menurunkan berat badan.  Sebuah penelitian di Amerika Serikat menyebutkan  bahwa orang yang hanya tidur selama 4 jam dalam  sehari memiliki peluang untuk terkena obesitas  sebanyak 75% jika dibandingkan dengan orang yang  tidur secara normal. Hal ini terjadi karena selama  begadang tubuh akan meningkatkan hormon lapar  dan menurunkan horomon yang membuat perut  kenyang .
  • Mengharapkan hasil diet yang signifikan dalam waktu  yang singkat merupakan pikiran yang salah yang  harus dihindari. Pada dasarnya, diet merupakan proses  mengganti pola hidup secra bertahap dengan  mengatur pola makan dan olahraga. Maka jangan  khawatir atau stress jika dalam waktu yang singkat  diet yang Anda jalankan belum memberikan hasil. 



http://www.obat-pelangsing.org/

0 Response to "Kenapa Sulit Turunkan Berat Badan ?"

Poskan Komentar