Makanan Berlemak Yang Bisa Menurunkan Berat Badan


Biasanya orang yang sedang menjalankan diet selalu  berusaha untuk menghindari makanan yang  mengandung lemak dan menganggap bahwa itu sebagai  musuh terbesar bagi mereka, karena makanan  berlemak merupakan penyebab utama dari kenaikan  berat badan. Namun, seiring dengan perkembangan  ilmu pengetahuan, kini telah ditemukan fakta bahwa  lemak ternata diketahui tidak membuat gemuk, dan  justru bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh ahli  nutrisi Zana Morris dan penulis buku kesehatan Helen  Foster, menemukan bahwa konsumsi makanan dengan  kandungan lemak yang tinggi dapat menurunkanberta  badan. Program diet ini mereka namakan dengan The  High Fat Diet atau diet dengan lemak tinggi. Dalam diet  ini, lemak yang dikonsumsi dibutuhkan untuk  mengubah bentuk lemak di tubuh yang ingin  dihilangkan. Namun, yang perlu diperhatikan dalam  diet ini adalah bahwa pelaku harus mengonsumsi  makanan yang rendah karbohidrta.

Lalu, apa jenis makanan berlemak yang dapat  menurunkan berat badan ? Berikut beberapa jenis  makanan yang mengandung lemak yang dapat  membantu menurunkan berat badan :

Dark Chocolate


Coklat merupakan salah satu makanan yang sering  dihindari ketika sedang melakukan diet. Namun beda  halnya dengan jenis coklat yang satu ini. Ternyata dark  chocolate atau coklat hitam mengandung mentega  coklat murni yang di dalamnya terdapat suatu zat yang  bernama Stearic Acid atau asam stearat. Zat ini dapat  memperlambat proses pencernaan, sehingga tubuh  membutuhkan energi yang lebih banyak dan kalori  lebih tinggo pun terbuang. Selain itu, dark chocolate ini  memerlukan waktu yang cukup lama untuk diproses,  sehingga Anda dapat merasa kenyang lebih lama dan  hal tersebut akan membantu dalam proses penurunan  berat badan. Tidak hanya dapat membantu  menurunkan berat badan, dark chocolate juga bisa  bermanfaat untuk kesehatan, karena jenis coklat yang  satu ini mengandung antioksidan yang banyak yang  dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

Kacang-Kacangan


Kacang-kacangan memang mengandung banyak  lemak, tapi ternyata lemak pada kacang-kacangan  justru bisa menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan  karena kacang mengandung zat yang bisa membatasi  penyerapan lemak oleh tubuh.

Alpukat


Alpukan termasuk salah satu jenis buah yang kaya akan  lemak. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena  lemak yang terkandung didalam alpukat merupakan  lemak baik yang justru bermanfaat bagi tubuh,  terutama untuk kesehatan jantung. Lemak sehat pada  alpukat juga dapat membantu dalam proses  pembakaran lemak secara lebih maksimal, sehingga  tidak terjadi penimbunan lemak didalam tubuh. Untuk  mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan untuk  mengonsumsi alpukat tanpa dicampur dengan gula,  susu, sirup, atau makanan manis lainnya.

Kelapa


Kelapa memang mengandung lemak, namun lebih dari  setengah buah kelapa berasal dari asam larut yang bisa  menjaga tubuh kita dari bakteri dan melindungi  kestabilan kolesterol. Kelapa juga telah terbukti dapat  mengurangi lemak didalam tubuh kita, terutama lemak  dibagian perut. Hal tersebut dibuktikan melalui sebuah  penelitian yang membandingkan kelompok yang setiap  harinya mengonsumsi 2 sendok minyak kelapada  dengan kelompok yang mengonsumsi 2 sendok minyak  kedelao. Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi  minyak kelapa mengalami pengurangan ukuran lingkar  pinggang lebih banyak dibandingkan dengan kelompok  yang mengonsumsi minyak kedelai.

Minyak Zaitun


Minyak zaitun memiliki kandungan zat-zat yang  bermanfaat bagi tubuh, diantanya kandungan polifenol  yang dapat melawan kanker dan lemak tak jenuh yang  bermanfaat untuk memperkuat jantung. Tidak hanya  itu, minyak zaitun juga dapat meningkatkan hormon  adiponectin yang bertugas untuk memecah lemak  dalam tubuh. Untuk medapatkan manfaatnya, Anda  dapat menggunakan minyak zaitun sebagai tambahan  ketika membuat salad atau sebagai pengganti dari  minyak sayur.

Itulah beberapa jenis makanan berlemak yang tidak  akan mengganggu program diet Anda. Kini Anda tidak  perlu takut lagi untuk mengonsumsi makanan yang  berlemak walaupun sedang menjalankan diet. Namun,  Anda juga harus pintar dalam memilih jenis makanan  berlemak dengan tepat, sehingga Anda bisa  mendapatkan manfaat dari lemak yang Anda konsumsi.  Semoga bermanfaat.

0 Response to "Makanan Berlemak Yang Bisa Menurunkan Berat Badan"

Poskan Komentar