Apakah Memiliki Badan Gemuk Susah Hamil ?

Kehamilan merupakan salah stau hal yang  paling dinantikan oleh setiap pasangan yang  telah menikah. Kehadiran anak pastilah akan  melengkapi kebahagiaan dari setiap pasangan.  Namun, sayangnya, tidak semua pasangan bisa  mendapatkan keturunan dengan segera.  Terdapat beberapa faktor yang dapat  menyebabkan seorang wanita sulit untuk  medapatkan kehamilan, dan salah satunya  adalah obesitas atau kegemukan. Kelebihan  berat badan selain dapat mengecilkan resiko  untuk mendapatkan keturunan, namun hal  tersebut juga dapat mengganggu kesehatan.  Terlalu banyak lemak yang dimiliki akan  menyumbat saluran indung telur, sehingga  membuat kesuburan menurun.

Berdasarkan penelitian ditemukan penurunan  kesuburan hingga 5% terhadap wanita dengan  indeks massa tubuh lebih dari 29. Dan  menurunkan 1 nilai indeks massa tubuh dapat  diperoleh dengan mengurangi berat badan 2-4  kg. Jadi, menurut penelitian tersebut, sulit hamil  dan kegemukan memang saling berkaitan.

Obesitas juga bisa dikaitkan dengan npolycystic  ovarium syndrom atua PCOS yang dapat  mengakibatkan indung telur menjadi menebal  dan juga tidak memiliki kemampuan untuk  mengeluarkan sel-sel telur ketika terjadi ovulasi.  Selain itu, PCOS juga dapat menyebabkan  meningkatnya kadar hormon testosteron yang  dapat memengaruhi siklus menstruasi yang  akan menyebabkan gejala seperti rambut  tumbuh secara berlebihan, timbul jerawat, dan  masalah kebotakan.

Selain masalah ovulasi, terdapat beberapa hal  lain yang membuat wanita susah hamil karena  kegemukan, diantaranya :
  • Timbunan lemak pada tubuh menyebabkan  sperma sulit masuk sehingga perjalanan sel  sperma akan lebih jauh dan dapat menyebabkan  sel sperma mati sebelum bertemu dengan sel  telur
  • Menyebabkan siklus haid tidak teratur
  • Menyebabkan komplikasi pada kehamilan
  • Meningkatkan resiko keguguran

Berat badan berlebih selain sulit untuk  medapatkan keturunan dengan kehamilan  secara alami, kehamilan buatan seperti bayi  tabung juga cukup sulit untuk dilakukan. Hal ini  karena disebabkan oleh banyaknya timbunan  lemak pada tubuh sehingga sulit untuk  menanam embrio pada rahim.

Maka dari itu, menjaga berat badan agar tetap  ideal dan menurunkan berat badan bagi yang  memiliki berat badan berlebih merupakan salah  satu langkah awal untuk memulai kehamilan  yang sehat. Diet dan olahraga yang teratur  diyakini dapat membantu menurunkan berat  badan dan memperbaiki frekuensi ovulasi.

0 Response to "Apakah Memiliki Badan Gemuk Susah Hamil ?"

Poskan Komentar