Bahaya Berat Badan Berlebih


Memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas memang tidak baik untuk kesehatan. Obesitas dapat  meningkatkan resiko terjadinya beberapa jenis penyakit, seperti diabetes melitus, tekanan darah tinggi, stroke,  serangan jantung, dan gagal jantung. Obesitas saat ini merupakan masalah yang muncul di seluruh dunia. WHO  telah mendeklarasikan bahwa obesitas sebagai epidemik global. Jumlah penderita obesitas meningkat dengan  pesat, tidak hanya dinegara-negara maju, dinegara berkembangpun penderita obesitas terus meningkat.

Saat ini sekitar 300 juta orang diseluruh dunia mengalami obesitas dan di AS penyakit ini diperkirakan menjadi  pembunuh no 1 dan menggeser kebiasaan merokok. Terkadang makanan yang masuk ke dalam karegori fast food  diyakini menjadi penyebab dari semakin meningkatnya penyakit obesitas ini.

Masalah kegemukan yang disebabkan karena berat badan berlebih secara umum dapat menyebabkan resiko  penyakit diabetes dan serangan jantung. Namun, selain kedua jenis penyakit tersebut, masalah obesitas juga dapat  menyebabkan penyakit yang mematikan lainnya. Berikut beberapa bahaya obesitas yang lainnya :

  • Mengalami Masalah Kesuburan

Pada wanita yang mengalami obesitas akan sangat sulit sekali untuk hamil, karena mengalami penyakit ovarium  polikistik. Penyakit ini merupakan suatu keadaan dimana wanita akan mengalami masalah kesuburan. Hal ini  sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan di India terhadap 300 orang wanita yang mengalami masalah  kegemukan. Dan hasilnya menunjukkan bahwa 90% wanita tersebut mengalami masalah pada kesuburan.

  • Melahirkan Prematur

Bagi wanita hamil yang memiliki berat badan berlebih, ternayat bayang-bayang ketakutan belum berakhir.  Penelitian yang diterbtkan Journal of The American Medical Association menemukan fakta, bahwa kelebihan  berat badan berhubungan erat dengan proses melahirkan prematur. Terlalu banyak lemak, bisa melemahkan  rahim dan selaput leher rahim. Hal ini harus dianggap serius, karena kelahiran prematur merupakan penyebab  utama dari kematian dan kecatatan bayi jangka panjang.

  • Mengalami Gangguan Tidur

Kegemukan dapat memicu sulit tidur, sehingga waktu istirahat dapat berkurang dan pada setiap harinya tidur  hanya akan memiliki waktu kurang dair 5 jam. Bahay sulit tidur yang dialami oleh orang dewasa tidak  menyebabkan penyakit ringan saja, namun dapat memicu serangan jantung, stroke, dan penyakit diabetes.  Ironisnya berdasarkan data yang ditulis oleh American Sleep Foundation menyebutkan 80% pria dewasa  mengalami kesulitan untuk tidur, sehinggamengalami berbagai gangguan kesehatan.

Pada setiap harinya disarankan untuk tidur rata-rata selama 7 jam, terutama bagi mereka yang masih berada  dalam usia pertumbuhan agar tubuh tetap sehat dan bebas dari masalah obesitas. Salah satu hasil penelitian yang  dilakukan oleh Harvard Nurse Study menyebutkan bahwa orang yang memiliki waktu tidutr kurang dari 5 jam  lebih rentan mengalami kegemukan jika dibandingkan dengan orang yang tidur rata-rata selama 7 jam perhari.

  • Tekanan Darah Meningkat

Banyak penderita obesitas yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi yang mana penyakit tersebut  dapat menjadi pemicu terjadinya penyakit jantung dan ini merupakan salah satu resiko yang paling berbahaya  bagi tubuh.

  • Gangguan Pernapasan

Mengalami sulit bernafas atau nadas kadang penderk merupaakn salah satu hal yang umum dialami oleh  penderita obesitas. Hal tersebut disebabkan oleh adanya penimbunan lemak disekitar dada dan leher, sehingga  mengalami kesulitan dalam mengambil ataupun mengeluarkan udara untuk bernapas.

  • Nyeri pada Persendian Lutut

Berat badan berlebih dapat menambah beban atau tekanan pada lutut dan pergelangan kaki, sehingga banyak  penderita obesitas yang merasakan nyeri pada persendian dan otot kaki.

  • Sakit Punggung

Selain mnegalami nyeri pada otot dan sendi lutut, penderita obesitas juga sering mengeluhkan sakit punggung. Hal  ini disebabkan karena penambahan beban tulang belakang oleh penumpukan lemak. Jika berat badan tidak  kunjung turun, maka dapat terjadi resiko yang fatal pada tulang punggung, yaitu dapat meningkatkan resiko  parah tulang dari dalam.

  • Permasalah Pada Kulit

Dampak buruk yang lain dari berat badan berlebih adalah terjadi pada kulit, dimana hal ini dapat membuat  adanya perubahan hormon. Selain itu, lemak berlebih juga dapat membuat kulit lebih melebar yang akan  menimbulkan garis-garis halus. Selain itu, lipatan lemak tadi dapat menjadi tempat jamur dan bakteri  berkembang biak.

Itulah bebebrapa bahaya dari berat badan berlebih. Dengan mengetahui bahaya dari berat badan berlebih, kita  bisa menjadi lebih berhati-hati dalam menjaga berat badan agar tetap berada dalam ukuran yang ideal dan sehat.  Jika Anda telah memiliki berat badan berlebih, disarankan untuk segera menurunkan berat badan, salah satu  dengan melakukan diet sehat, seperti mengatur pola makan, melakukan olahraga secara rutin dan teratur, serta  menjauhi segala hal yang menjadi faktor penyebab obesitas. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan obat  pelangsing untuk mengoptimalkan hasil yang didapatkan.

0 Response to "Bahaya Berat Badan Berlebih"

Poskan Komentar