Diet Sehat dengan Susu Kedelai

Kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan  yang banyak terdapat di Asia Timur. Kedelai memiliki  banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Siapa  yang tidak kenal dengan tahu dan tempe, kedua jenis  makanan olahan tersebut terbuat dari bahan utama  kedelai. Kedelai juga sering disebut sebagai pengganti  nasi bagi mereka yang tergolong vegetarian. Kedelai  kaya akan nutrisi dan kita bisa mendapatkan manfaat  kesehatan dari sejumlah produk olahan dari kedelai,  salah satunya adalah susu kedelai.


Susu kedelai berbeda dengan susu pada umumnya.  Susu kedelai bukan merupakan susu yang berasal dari  hewan, namun berasal dari tumbuhan. Jadi, susu  kedelai bisa menjadi alternatif bagi mereka yang alergi  terhadap laktosa susu. Susu kedelai merupakan sumber  protein yang penting bagi tubuh. Selain itu, buhan  hanya baik untuk kesehatan, ternyata kedelai juga  memiliki manfaat untuk diet.

Didalam susu kedelai terdapat beberapa komponen  yang baik untuk tubuh, diantaranya karbohidrat, serat  alami, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, dan  vitamin K. Selain itu, didalam susu kedelai juga terdapat  komponen lain yang tersedia dalam jumlah yang cukup  tinggi, yaitu protein dan asam lemak. Kandungan asam  amino yang terkandung didalam susu kedelai juga  diklaim lebih tinggi jika dibandingkan dengan asam  amino pada sisi sapi. Jenis asam amoni yang banyak di  temui pada susu ini adalah lisin. Dengan adanya lisin  ini, susu kedelai menjadi komponen yang ampuh untuk  menambah nilai gizi protein dari nasi dan juga jenis  sereal lainnya.

Diet Sehat Dengan Susu Kedelai


Susu kedelai dapat memnuhi kebutuhan protein dalam  jumlah yang cukup tanpa menaikkan berat badan,  karena lemak yang terkandung didalamnya sangatlah  rendah. Lemak pada susu kedelai tidak menyebabkan  berat badan bertambah karena bentuknya dalam gugus  asam lekan yang tak jenuh. Lemak jenis ini justru  sangat baik untuk kesehatan. Walaupun susu kedelai  mengandung karbohidrat, namun karbohidrat yang  ada didalamnya termasuk ke dalam golongan  oligosakarida dan polisakarida. Golongan polisakarida  sendiri tidak larut dalam air, sehingga tidak akan  dicerna dalam tubuh.

Selain itu, susu kedelai juga mengandung kadar gula  yang rendah dibandingkan dengan susu pada  umumnya. Jika tanpa campuran gula, kandungan gul  ayang ada pada susu kedelai murni hanya sekitar 7 gr /  200 ml, sedangkan dalam susu sapi terdapat sekitar 12  gr / 200 ml. Susu kedelai juga mengandung serat yang  sangat tinggi. Maka dari itu, manfaat susu kedelai dapat  memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh. Dengan  asupan serat yang cukup, maka sistem metabolisme  akan semakin lancar dan membuat perut merasa  kenyang lebih lama.

0 Response to "Diet Sehat dengan Susu Kedelai"

Poskan Komentar