Tips Mengontrol Berat Badan


Ketika telah berhasilmenjalankan diet dan menapai  target yang telah ditentukan, terkadang kita sering  memberikan hadiah atau reward pada diri sendiri  dengan mengonsumsi makanan yang disukai tanpa  memperhatikan porsi makanan yang dikonsumsi.  Akhirnya, berat badan kembali naik dan harus  melakukan diet dari awal.

Ketika setelah menjalankan diet terkadang memang kita  mengonsumsi makanan yang selama diet ditinggalkan.  Tapi, Anda harus mempertimbangkan kembali asupan  makanan yang akan dikonsumsi dengan mengingat  kembali perjuangan yang telah dilakukan untuk  mendapatkan bentuk tubuh ideal. Atau mereka yang  pada dasarnya memiliki berat badan yang ideal, namun  karena tidak memperhatikan pola makan, lama  kelamaan berat badan mereka akan bertambah tanpa  mereka sadari. Maka dari itu, mengontrol asupan  makanan merupakan salah satu hal yang harus Anda  lakukan untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Mengontrol berta badan merupakan cara untuk  mempertahankan dan menjaga berat badan agar sesuai  atau ideal, bisa juga sesuai dengan apa yang diinginkan.  Jika ingin berat badan tetap stabil, pilihlah makanan  sehat yang mengenyangkan. Berikut beberapa tips  mengontrol berta badan agar tetap stabil :

  • Minum Air Putih

Semua orang pasti tahu bahwa air putih sangat  bermanfaat bagi tubuh. Air putih juga dapat mencegah  kekentalan darah yang menyebabkan berbagai kelainan  pada tubuh. Bagi yang sedang mengontrol berta badan,  air putih dapat dijadikan pilihan alternatif. Air putih  dapat mengurangi rasa lapar yang berlebihan. Biasakan  untuk mengonsumsi segelas air 10 menit sebelum  makan, sehingga nafsu makan dapat terkontrol.

  • Mengonsumsi Protein dan Karbohidrat Kompleks Secara  Bersamaan

Konsumsi makanan yang kaya akan protein dengan  karbohidrat kompleks dapat membantu mengurangi  kecepatan makanan dan melepaskan kandungan gula ke  dalam darah. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa  lapas dan keinginan untuk makan, meningkatkan energi  dan dapat menghambat tubuh untuk menyimpan  kelebihan kalori sebagai lemak. Hal ini juga daoat  membantu meningkatkan penyerapan serat yang  diperlukan bagi pencernaan. Karbohidrat kompleks  terdapat didalam sayuran berdaun hijau, kacang, buah- buahan, beras coklat, pasta, gandum, roti, dan  sebagainya. Sedangkan protein tredapat didalam daging,  unggas, ikan, kacang, biji-bijian, kedelai dan produk  kedelai, kinoa dan kacang-kacangan.

  • Hitung Kalori

Menurut Universuty of Pittsburgh, salah satu  keberhasilan dalam mengontrol berat badan adalah  menghitung kalori. Namun sayangnya, tidak diberi  penjelasan bagaimana cara menghitung kalori  perharinya. Yang bisa dilakukan adalah memperkirakan  dan membatasu makanan yang sekiranya berkalori  tinggi, seperti makanan manis, makanan yang digoreng,  serta makanan yang berkarbohidrat. Sementara  makanan yang mengandung kalori rendah seperti  diantaranya sayuran hijau, bisa diperbanyak.

  • Jangan Menjauhi Lemak

Lemak menciptakan tekstur di mulut yang memberikan  sensasi kepuasan dan kesenangan yang meningkatkan  selera makan. Lemak juga memicu hormon yang  merangsang otak agar kita merasa kenyang. Selain itu,  lemak juga bermanfaat untuk memperlambat  pengolahan makanan didalam tubuh dan memberikan  banyak nutrisi penting.

  • Mengatur Porsi

Menurut lemabaga kesehatan, Center for Disease Control  (CDC) dari Amerika Serikat, faktor keberhasilan  seseorang dalam menurunkan berat badan adalah  mengukur porsi makanan dan lemak konsumsi  makanan, terutama makanan dengan kalori tinggi. Hal  ini bukan berarti Anda harus selalu membawa  timbangan makanan ke mana-mana, namun Anda  harus bisa membiasakand iri menakar sendiri kebutuhan  makan dalam sehari.

  • Tidak Mudah Tergoda

Pola makan yang baik dan sehat dapat membantu dalam  mengontrol berat badan. Salah satu study yang  dilakukan di University of Pittsburgh menemukan fakta  bahwa wanita yang menghindari godaan terhadap  makanan dapat mempertahankan berat badan idealnya.  Mengontrol makanan disini bukan berarti tidak boleh  mengonsumsi makanan yang manis, Anda tetap harus  mengonsumsi makanan yang mengenyangkan,  termasuk makanan manis. Namun, Anda hanya harus  membatasi asupan makanannya, sehingga dapat  mengontrol berat badan.

  • Aktivitas Fisik

Aktifitas fisik merupakan hal yang sangat penting dalam  mengontrol berat badan. Semakin sering melakukan  aktifitas fisik, maka semakin banyak pula kalori yang  terbakar. Lakukan olahraga selama 30 menit 5 kali  dalam seminggu. Anda dapat memulai aktifitas fisik  secara bertahap.

  • Cek Berat Badan

Memeriksa berat badan secara berkala yaitu cara  mengontrol berat badan yang harus dilakukan.  Periksalah berat badan setiap harinya. Hal ini dapat  mengontrol berat badan dengan mengontrol asupan  makanan. Selain itu, dengan mengontrol berat badan  setiap hari, Anda dapat lebih mudah menentukan target  untuk ke depannya, baik mengenai asupan makanan  ataupun aktifitas fisik yang akan dilakukan selanjutnya.

0 Response to "Tips Mengontrol Berat Badan"

Poskan Komentar