Hubungan Kalori Dengan Berat Badan

Bagi mereka yang sedang menjalankan program penurunan berat badan pasti sangat akrab dengan istilah kalori. Setiap kali akan mengonsumsi makanan atauun minuman pasti mereka akan menghitung terlebih dahulu jumlah kalori yang terkandung didalamnya. Sebenarnya apa itu kalori ?


Kalori merupakan jumlah panas yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menaikkan 1 kubik sentimetes air sebesar 1 derajat celsius. Sumber energi tubuh diantaranya adalah karbojidrat, lemak, dan protein. Sumber energi ini di ubah didalam tubuh menjadi molekul ATP (adenosine trifosfat), yakni komponen energi yang berfungsi untuk mengontrol pembakaran "bahan bakar" yang kita bakar, dan kita mengukur energi yang kita butuhkan dalam unit ukuran panas, yaitu kalori.

Hubungan Kalori dengan Berat Badan


Menjaga keseimbangan energi sebenarnya merupakan hal yang paling penting untuk menurunkan berat badan. Pemasukan kalori harus lebih sedikit dari pada pengeluaran kalori. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus menghitung pemasukan dan pengeluaran dari kalori harian Anda. Jika pemasukan kalori secara teratur lebih banyak dari kalori yang dikeluarkan, maka berat badan akan bertambah. Tapi, sebaliknya, jika pengeluaran kalori yang lebih banyak daripada pemasukan, maka berat badan Anda akan mengalami penurunan.

Jadi, dengan begitu pemasukan dan pengeluaran kalori dapat mempengaruhi berat badan seseorang. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan jumlah kalori pada setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi. Jangan lupa juga untuk menghitung jumlah kalori yang dikeluarkan melalui aktivitas fisik sehari-hari yang akan membantu untuk menurunkan berat badan.


http://www.obat-pelangsing.org/

0 Response to "Hubungan Kalori Dengan Berat Badan"

Posting Komentar