Kebiasaan yang Salah Dalam Menurunkan Berat Badan


 Diet merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Sekarang ini telah banyak informasi mengenai berbagai macam diet yang dapat dilakukan. Tapi, masih banyak pelaku diet yang melakukan kesalah dalam menurunkan berat badan yang justru dapat memperlambat atau bahkan tidak mengurangi berat badan Anda. Apa saja kah kebiasaan yang salah dalam menurunkan berat badan ?
  • Begadang
Ketika dalam program penurunan berat badan, begadang merupakan salah satu kegiatan yang harus dihindari. Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Amerika Serikat bahwa ketika kurang tidur, maka hormon lapar akan meningkat dan juga dapat menurunkan hormon rasa kenyang. Di perjelas oleh studi lainnya, bahwa saat waktu tidur yang kurang dari 4 jam, maka Anda akan memiliki 73% resiko menderita obesitas jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki waktu tidur normal.

  • Terlalu Ngotot atau Stress
Ketika stress, hormon kortisol yang keluar akan meningkat dan merangsang nafsu makan, memperlambat metabolisme, danmeningkatkan penumpukan lemak di perut. Lakukan relaksasi seperti yoga, mendengarkan musik, pijat, tertawa, atau jalan-jalan di alam terbuka untuk mereduksi stress. Lakukan salah satu hal tersebut minimal 10-15 menit setipa harinya.
  • Kurang Gerak
Kurangnya gerak tentu akan menurunkan pembakaran yang ada didalam tubuh. Ketika Anda sedang melakukan program penurunan berat badan, usahakan untuk sering bergerak. Meskipun Anda selalu sibuk bekerja, Anda tetap bisa melakuakn gerakan yang sederhana. Misalnya melakukan peregangan kaki dan tangan. Silang-silangkan atau ayun-ayunkankaki dan tangan sambil duduk di kursi kurang lebih 2-5 menit setiap selang satu jam. Aktivitas ini dapat memberi tambahan pembakaran energi.
  • Libur Berdiet
Pengalaman membuktikan, orang yang sukses menurunkan berat badan adalah mereka yang disiplin menjalani program penurunan berta badan. Walaupun ada pesta makan enak, mereka tidak akan tergoda untuk meliburkan diet mereka walapun satu hari. Karena, sekali Anda memberikan kesempatan, maka Anda akan sulit untuk kembali berdiet.
  • Mengonsumsi Alkohol
Alkohol memang tidak baik untuk kesehatan tubuh, terlebih lagi saat sedang berusaha untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut karena alkohol dapat memperlambat proses metabolisme yang ada dalam tubuh denganmenekan sistem syaraf pusat. Tidak hanya itu, alkohol juga dapat meningkatkan kortisol yang ada didalam tubuh yang dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut.
  • Menhindari Susu
Wanita yang mengonsumsi yoghurt bebas lemak, keju, atau susu rendah lemak hingga 3-4 kali sehari dapat menghilangkan 70% lemak dari tubuhnya. Kalsium dari susu berperan sebagai tombol yang memerintahkan tubuh untuk membakar kelebihan lemak. Minumlah segelas susu bebas lemak ketika sarapan, segelas yoghurt rendah lemak pada siang hari, dan segelas susu bebas lemak di sore hari.
  • Banyak Mengonsumsi Makanan Asin
Bukan hanya makanan berlemak dan makanan manis yang perlu dikurangi, namun, makanan yang banyak mengandung garam atau asin juga harus dikurangi. Selain bisa mengakibatkan hipertensi, terlalu banyak garam di dalam tubuh juga dapat membuat cairan tubuh menjadi tertahan. Akibatnya, berat badan tidak akan mengalami penurunan.

Itulah beberapa kesalah yang sering dilakukan dalam program penurunan berat badan. Semoga informasi yang diberikan bisa memberikan manfaat dan bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan hingga mencapai target yang telah ditentukan.


0 Response to "Kebiasaan yang Salah Dalam Menurunkan Berat Badan"

Poskan Komentar