Siasat Cemilan Sehat Untuk Tetap Langsing

Cemilan memang merupakan salah satu kegiatan yang  sangat sulit untuk ditinggalkan. Cemilan seolah-olah  menjadi teman yang selalu ada dimanapun dan  kapanpun. Tapi, tidak jarang juga orang yang  menghindari cemilan karena takut gemuk.



Sebaiknya Anda berpikir ulang untuk menghindari  cemilan untuk mengurangi asupan kalori. Karena selain  dapat menambah energi disela-sela waktu makan,  cemilan yang sehat juga dapat membantu agar  terhindar dari makan yang berlebihan, sekaligus  menjaga metabolisme pembakaran lemak dalam tubuh.  Dengan siasat yang tepat, maka Anda dapat menikmati  cemilan tanpa harus takut berat badan akan naik.

Pada umumnya, cemilan sering dihubungkan dengan  makanan manis, seperti kue, biskuit, es krim, atau yang  lainnya. Cemilan yang sepertiini lebih banyak  mengandng lemak dan karbohidrat tinggi dengan nilai  gizi uang minim. Lain halnya dengan cemilan manis dan  kalaori tinggi yang hanya akan memberik energi dalam  waktu yang lebih singkat, cemilan sehat akan menyuplai  energii untuk jangka waktu yang lebih lama. Cemilan  sehat juga akan menghidarkan kita dari rasa kantuk  yang biasanya terjadi karena terlalu banyak  mengonsumsi gula. Maka dari itu, sangat penting untuk  mengonsumsi cemilan dengan perbandingan nutrisi dan  kalori yang tepat. Salah satu kombinasi nutrisi cemilan  sehat adalah protein dan serat.

Tapi, cemilan sehat terkadang terlihat tampak  membosankan. Terlebih lagi jika hanya mengonsumsi  jenis makanan yang hanya itu-itu saja. Tidak hanya  menimbulkan rasa bosan, bisa jadi asupan nutrisi  cemilan yang dikonsumsi tidak sesuai dengan yang  dibuthkan oleh tubuh. Maka tidak heran jika kemudian  keripik atau biskuit tampak sangat menggoda. Namun,  Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa memilih  atau membuat kombinasi sendiri dari beberapa jenis  cemilan sehat berikut ini :

  • Buah dan Sayur

Dua jenis makanan ini dapat memberikan rasa kenyang  dengan asupan kalori yang sedikit. Selain itu, buah dan  sayur mengandung vitamin, mineral, serta zat gizi  bermanfat lainnya.

  • Kacang dan Biji-Bijian

Karena kandungan protein dalam kacang dan biji-bijian,  cemilan ini akan membuan Anda merasa kenyang lebih  lama. Kedua jenis cemilan ini juga mengandung lemak  tidak jenuh yang sehat. Namun, jangan  mengonsumsinya secara berlebihan, karena jenis  cemilan ini memiliki klaori yang cukup tinggi.

  • Produk Olahan Susu Rendah Lemak

Keju, yoghurt, dan produk olahan susu lainnya  merupakan sumber kalsium dan protein, serta vitamin  dan mineral lain. Untuk cemilan, pilihlah produk rendah  lemak. Namun, sebagian dari prduk tersebut dapat  mengandung gula. Maka, sebaiknya pilihlah produk  dengan label tanpa pemanis tambahan atau label rendah  kalori.

  • Gandum

Cemilan yang terbuat dari gandum kaya akan serat dan  karbohidrat kompleks agar tubuh tetap berenergi.

Dengan mengkombinasikan beberapa jenis cemilan  tersebut, maka Anda tidak akan merasa bosan dengan  cemilan sehat yang Anda konsumsi. Dengan  perencanaan dan persiapan yang sederhana, Anda bisa  mendapatkan cemilan yang sehat. Anda dapat membuat  kombinasi cemilan sehat sesuai dengan selera Anda.  Dengan nutrisi dan porsi yang tepat, bukan hal yang  tidak mungkin sajian ini dapat membantu Anda untuk  mendapatkan berat badan yang diinginkan.

0 Response to "Siasat Cemilan Sehat Untuk Tetap Langsing"

Poskan Komentar