Kebiasaan yang Bikin Gemuk


Berat badan berlebih merupakan salah satu masalah global yang kini banyak dialami oleh masyarakat. Berat badan berlebih dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Bahkan, tanpa disadari kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan bisa juga menjadi salah satu faktor penyebab kegemukan. Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa bikin gemuk :

  • Kebiasaan Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji dapat memberikan peran yang cukup besar terhadap permasalahan berat badan. Maka tidak mengherankan jika gangguan ini lebih banyak ditemukan pada mereka yang suka mengonsumsi jenis makanan ini. Pada zaman yang modern seperti sekarang ini, masyarakat seakan dimanjakan dengan berbagai fasilitas, termasuk kemudahan dalam makan dan minum. Tersedianya berbagai jenis rumah makan dapat membantu mempermudah mereka yang tidak memiliki waktu untuk memasak sendiri makanan mereka. Padahal, dengan memasak makanan sendiri kita bisa mengetahui jumlah kalori yang ada pada makanan tersebut. Mengonsumsi makanan cepat saji memang tidak ada salahnya, tapi akan sangat berbahaya jika makanan tersebut dikonsumsi secara rutin.

  • Kurang Mengonsumsi Air

Mengonsumsi air putih dapat membantu mempertahankan kesehatan, mlai dari kulit, tulang, saluran pencernaan, hingga fungsi dari otak. Bahkan hidrasi ada hubungan langsung dengan penurunan berat badan. Jurnal American Chemical Society menemukan bahwa jika seseorang mengonsumsi 2 gelas air putih setiap harinya sebelum makan dapat mengurangi berat badan sebanyak 1,5 - 2 kg. Konsumsilah air putih minimal 1,5 - 2 liter perhari. Walaupun demikian, jumlah asupan cairan tersebut sangat tergantugn dari usia seseorang. Karena kebutuhan cairan setiap kisaran usia berbeda-beda. Selain itu, kebiasaan mengonsumsi minuman yang berkalori tinggi seperti minuman kaleng ataupun softdrink merupakan salah satu faktor yang juga berperan dalam peningkatan berat badan.

  • Tidak Cukup Protein

Protein berfungsi untuk merubah makanna yang kita konsumsi menjadi energi. Maka dari itu, jika asupan protein tidak diperhatikan, maka tubuh tidak mampu melakukan fungsinya dengan baik. Protein merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, sehingga angka kecukupannya harus sangay diperhatikan. Hampir semua proses kimia dalam tubuh membutuhkan protein. Berbagai molekul kecil dan ion-ion dalam tubuh diangkut oleh protein.

  • Kurang Tidur

Sebuah studi yang diteliti oleh Case Western Reserve University menyebutkan bahwa wanita yang beruisa diatas 16 tahun yang tidur selama 5 jam atau kuran memiliki rata-rata berat badan lebih berat 5 kg dibandingkan dengan wanita yang tidur selama 7 jam atau lebih. Kurang tidur dapat memicu pengurangan dari jumlah hormon leptin dan peningkatan hormon ghrelin, simana proses ini dapat memicu lapar. Sebenarnya bukan hanya tidur yang pendek, yaitu 5-6 jam yang dapat memicu resiko berat badan berlebih, tapi durasi tidur yang berlebih, yaitu 9-10 jam atau bahkan lebih dari itu juga dapat meningkatkan resiko berat badan.

  • Melewatkan Sarapan

Sarapan sangatlah penting, mengingat tubuh dapat memulai metabolisme secara cepat yang mempengaruhi proses pembakaran kalori secara lebih baik. Seseoran sering mengeluhkan beberapa alasan seperti "saya tidak memiliki wkatu di pagi hari" atau yang lainnya, tapi ternyata melewatakn sarapan pagi memiliki banyak keruguan yang dapat muncul dan dapat berpengaruhterhadap mood, berat badan, dan kesehatan tubuh.

  • Makan Terlalu Cepat

Makan terlalu cepat merupakan salah satu kebiasaan yang sering dilakukan yang dapat membuat gemuk. Makan secara perlahan dapat membantu Anda mersa lebih cepat kenyang, sedangkan makan dengan mengunyah terlalu cepat akan membuat Anda makan lebih banyak. Mengonsumsi makanan yang berlemah juga dapat membuat pencernaan sulit, karena Anda tidak mengunyah makanan dengan benar.

  • Tidak Berolahraga

Gaya hidup yang tidak aktif saat ini merupakan masalah kesehatan yang semakin cepat berkembang dan termasuk faktor penyebab dari berbagai mcam penyakit tidak menular di Indonesia, termasuk diantaranya adlah obesitas, penyait jantung, diabetes, hipertensi, kanker, depresi, dan osteoporosis. Bagi Anda yang sedang atau ingin menurunkan berat badan, olahraga sangat penting untuk dilakukan. Karenan jika hanya dengan mengendalikan makan saja tidak dapat langsung mengurangi berat badan, serta hasil yang didapat juga cenderung tidak seimbang dengan kesehatan yang proporsional.

Dengan mengentahui kebiasaan yang bisa membuat gemuk, tentu Anda bisa mengurangi atau bahkan merubah dan menghilangkan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang untuk bisa mendapatkan dan menjaga berat badan yang ideal. Selain itu, kebiasaan sehat juga dapat meningkatakn kesehatan dan membuat tubuh menjadi lebih segar dan fit.


http://www.obat-pelangsing.org/

0 Response to "Kebiasaan yang Bikin Gemuk"

Poskan Komentar