Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Tinggi Serat


Diet tinggi serat merupakan salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berta badan. Hal tersebut karena serat tidak dapat dicerna dan memakan banyak ruang dalam saluran pencernaan, sehingga dapatmemberikan rasa kenyang lebih lama yang dapat membuat kita terhindari dari konsumsi makanan yang berlebihan. Selain itu, serat pada umumnya ditemukan pada makanan yang rendah kalori dan kaya vitamin dan mineral yang sangat penting dalam proses detoksifikasi dan pembakaran lemak.

Serat berperan penting dalam kesehatan tubuh. Sayangnya, konsumsi serat masyarakat Indonesia sendiri masih kurang dari yang dianjurkan. Anjuran kondumsi serat untuk orang dewasa dalam sehari adalah 25 gram untuk wanita, dan 38 gram untuk pria. Maka dari itu, untuk mecukupi kebutuhan serat tersebut, disarankan untuk menambahkan beberapa makanan berserat tinggi dalammenu diet harian Anda.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang merupakan sumber serat tinggi terbaik untuk membantu menruunkan berat badan dan sehat untuk tubuh :
  • Alpukat, dalam 2 sendok maak buah alpukat mengandung sekitar 2 gram serat, sedangkan untuk satu buah alpukat mengandung sekitar 10 gram serat.
  • Apel, untuk ukuran buah apel yang sedang mengandung sekitar 4.4 gram serat.
  • Buah pir, mengandung sekitar 5.5 gram serat untuk satu buah pir dalam ukuran sedang.
  • Pepaya, mengandung serat dengan kadar 1.3 gram per 100 gram bahan.
  • Pisang, mengandung serat sebanyak 0.6 gram per 100 gram bahan.
  • Jagung, setengah mangkuk butir jagung mengandung kurang lebih 2 gram serat.
  • Brokoli, dalam semangkuk brokoli rebus mengandung kurang lebih 5.1 gram serat.
  • Kacang hitam, mengandung serat sebanyak 15 gram per mangkuk.
  • Nasi merah, dalam satu mangkuk nasi merah terkandung serat kurang lebih 3.5 gram. Menurun sebuah penelitian di Harvard menyebutkan bahwa nasi merah juga dapat menruunakn resiko diabetes tipe 2 sebanyak 11 %.
  • Roti gandum, jumlah serat pada roti gandum tergantng pada merk roti. Rata-rata dalam 1 potong roti gandum ukuran sedang mengandung serat kurang lebih 2.2 gram.
  • Almond, kacang almong memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Namun, sebaiknya konsumsi dalam jumlah yang wajar, karena jika berlebihan maka asupan kalori yang dikonsumsi pun akansemakin tinggi. Dalam segenggam atau 1/4 mangkuk kacang almond mengandung serat sekitar 3 gram dan jumlah kalori 170 cal.

Contoh Menu Diet Tinggi Serat

Untuk sarapan pagi, sebaiknya kurangi porsi nasi putih atau ganti dengan nasi merah. Tambahkan juga lebih banyak sayuran yang sudah di masak. Selain serat, Anda juga bisa menambahkan protein, seperti telur. Namun, sebaiknya tidak terlalu banyak, karena sebagian protein sudah terpenuhi dari sayuran.

Jika Anda suka ngemil, Anda bisa menggantic emilan Anda dengan buah-buahan segar yang mengandung serat tinggi.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai menurunkan berat badan dengan diet tinggi serat yang dapat kami berikan. Semoga inforamsi yang kami berikan bisa bermanfaat dan bisa membantu Anda untuk bisa menurunkan berat badan secara alami dan efektif. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

http://www.obat-pelangsing.org/

0 Response to "Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Tinggi Serat"

Poskan Komentar