Menurunkan Berat Badan Dengan Makanan Rendah Kalori


Setiap makanan pasti mengandung kalori yang diperlukan oleh tubuh. Tapi, jika jumlah kalori yang masuk lebih besar daripada jumlah kalori yang dibakar, maka dapat berdampak pada kenaikan berat badan. Tentu saja untuk mendapatkan berat badan yang ideal Anda membutuhkan makanan yang rendah kalori untukmenyeimbangakn antara jumlah kalori yang masuk dan jumlah kalori yang dikeluarkan. 


Jumlah kalori  yang dibutuhkan oleh tubuh pada setiap orang berbeda yang berdasarkan pada jenis kelamin, usia, dan aktivitas setiap orang. Asupan kalori uang berlebih dapat menjadi lemak tubuh, dimana akan disimpan ke dalm sel lemak atau jaringan adiposa. Namun, jika asupan kalori di kurangi atau lebih banyak kalori yang dibakar, maka lemak tersebut akan berkurang dan sel lemak akan kembali mengerut.

Jika Anda belum mengetahui jenis makanan apa saja yang mengandung kalori rendah, berikut kami sajikan informasinya :
  • Sayur-sayuran dan Buah-buahan
Buah dan sayuran memang jenis makanan yang sehat dan baik untuk tubuh. makanan ini juga mengandung kalori yang umumnya berjumlah kurang dari 100 kalori persaji, seperti sayuran brokoli, wortel, timun, kembang kol, seledri, tomat, dan kubis. Sedangkan jenis buah-buahan yang memiliki kandungan kalori yang kurangdari 100 adalah diantaranya avokad, anggur, pepaya, jeruk, kiwi, nanas, dan sebagainya.
  • Ikan
Ikan juga termasuk ke dalam jenis makanan yang rendah kalori, yaitu sekitar 90-200 aklori per 84 gram atau 3 ons. Jenis ikan yang mengandung rendah kalori seperti dianaranya ikan salmon, kod, dan tuna. Pastikan ikan yang dikonsumsi diolah secara tepat dansehat juga, yaitu dengan cara ditumis dengansedikit minyak atau dikukus. Danjangan lupa untuk menghindari diolah dengan cara di goreng.

Jika Anda kurang menyukai ikan, jenis daging rendah kalori lain bisa menjadi alternatif pilihan Anda, seperti daging berwarna putih (dada ayam tanpa kulit).
  • Kacang-kacangan dan Biji-bijian
Selain sayuran dan buah, kacang-kacangan dan biji-bijian juga bisa menjado solusi untuk diet rendah kalori Anda. Kacang dan biji-bijian mengandung kalori yang rendah, misalnya dalam segenggam kacang almond hanya mengandung sekitar 80 kalori. Jika Anda merasa lapar pada waktu diantara jam mamkan, Anda juga bisa mengonsumsi popcorn yang sangat rendah kalorinya selama tidak ditambahkan dengan mentega aatu gula.

Selain itu, putih telur rebus dan juga susu rendahlemak bisa menjadi pilihan lain untuk menyeimbangkan asupankalori dalam tubuh. Putih telur rebus dan susu rendah lemak memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga sangat cocok dimasukan dalam menu diet Anda.

Untuk menurunkan berat badan, mengurangi asupan kalori memang sangat penting. Tapi, jika kalori yang dikonsumsi terlalu sedikit, tentu hal tersebut juga tidaklah baik. Kekurangan kalori bisa menimbulkan beberapa dampak pada tubuh, seperti mudah lelah, diare, mual, atau sembelit. Mengonsumsi makanan rendah kalori dapat membantu Anda untuk tetap merasa kenyang tanpa mengalami kekurangan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.


http://www.obat-pelangsing.org/

0 Response to "Menurunkan Berat Badan Dengan Makanan Rendah Kalori"

Poskan Komentar