Mana yang Bisa Bikin Lebih Cepat Gemuk, Mie Instan atau Nasi ?

Mie instan bisa menjadi pilihan ketika pada malam hari terasa lapar dan menjadi solusi yang efektif untuk menghindari nasi yang dianggao bisa menggemukkan. Padahal, pemikiran tersebut belum tentu benar. Kalau begitu, mana yang bisa bikin lebih cepat gemuk, mie instan atau nasi ? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak informasi berikt ini !

Mana yang Bisa Membuat Lebih Cepat Gemuk, Mie Instan atau Nasi ?


Mari kita bandingkan kandungan kalroi yang terdapat pada mie instan dan nasi dengan berat yang sama. Sajian mie instan sebanyak 70 gram atau satu kemasan memiliki kandungan 370 kalori. Sedangkan, pada nsi putih dengan berat yang sama hanya mengandung 91 kalori. Dari perbandingan tersbeut, terbukti bahwa mie instan memiliki kandungan kalori 3 kali lipat lebih banyak daripada nasi. Hal ini membuat kemungkinan mie instan dapat menyebabakn tubuh lebih cepat gemuk jika dibandingkan dengan nasi.

Yang juga perlu diperhatikan yaitu, pada umumnya penyajian mie instan sering dilengkapi dengan telur dan bahan-bahan lain, seperti sosis, kornet, atau keju yang tentunya dapat menambah kandungan kalori pada mie instan tersebut.  Kemudian, ditambah lagi dengan kebiasaan masyarakan Indonesia yang sering mencampurkan nasi denganmie instan, sehingga kalori yang masuk ke dalam tubh menjadi berlipat.

Selain memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi, mie instan yang biasa disajikan dengan kaldu instan umumnya memiliki kandungan sodium atau garam yang tinggi. Salah satu mie instan yang banyak dikenal di masyarakat Indonesia tercatat dalam kemasan 91 gram memiliki kandungan sodium 1.080 mg atau sekitar 45% dari kebutuhan harian.

Padahal, kelebihan asupan sodium termasuk sebagai asupan dari mie instan memiliki resiko yang membahayakan bagi tubuh. Salah satunya yaitu dapat memperberat atau menambah kinerja ginjal. Tidak hanya itu, sodium yang menumpuk dalam tubuh diperkirakan juga dapat memicu tekanan darah tinggi, stroke, dan gagal jantung.

Meskipun demikian, mengonsumsi nasi putih dalam jumlah yang berlebihan juga bukan berarti aman tanpa adanya resiko penyakit. Peneliti membandingkan masyarakat Asia yang mengonsumsi nasi setiap hari dengan masyarakat negara Barat yang hanya mengonsumsi nasi sekitar 5 kali perminggu. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi lebih banyak nasi memiliki resiko diabetes lebih tinggi.

Jadi, mana yang bisa bikin lebih cepat gemuk, mie instan atau nasi ? Setelah mengetahui kandungan kalori dari masing-masing pilihan, tentu Anda sudah tahu apa yang harus dipilih ketika perut terasa lapar. Meskipun begitu, porsi makanan yang akan dikonsumsi juga harus diperhatikan, jangan sampai makan secara berlebihan yang justru tidak baik bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

http://www.obat-pelangsing.org/

0 Response to "Mana yang Bisa Bikin Lebih Cepat Gemuk, Mie Instan atau Nasi ?"

Posting Komentar