Cara Mengontrol Nafsu Makan Saat Diet


Ketika sedang menjalankan program diet penurunan berat badan, pelaku diet pastinya akan mengatur pola makannya, bahkan ia harus rela untuk meninggalkan beberapa jenis makanan favoritnya. Selain itu, jadwal makan pun harus diperhatikan. Intinya, mengontrol nafsu makan merupakan salah satu kunci sukses untuk menurunkan berat badan.

Nafsu makan yang tidak terkontrol merupakan salah satu penyebab naiknya berat badan. Terlebih lagi jika Anda sedang menjalankan program diet, nafsu makan menjadi musuh terbesar yang sangat sulit untuk dikontrol. Namun, jika nafsu makan dapat terkontrol dengan baik, maka dapat mempermudah program penurunan berat badan sekaligus mempertahankannya. Berikut ini kami akan berikan informasi cara mengontrol nafsu makan saat diet agar tidak berlebihan :

  • Awali dengan Sarapan Sehat

Memulai hari dengan sarapan yang baik dapat mempengaruhi konsumsi makanan sepanjang hari. Menurut penelitian dari University of Mossouri di Amerika Serikat, sarapan sehat, khususnya dengan protein tinggi akan lebih mengenyangkan dan menahan rasa lapar lebih lama. Dengan begitu, nafsu makan saat diet akan lebih terkontrol.

  • Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah

Nasi merah dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama, karena nasi merah merupakan sumber karbohidrat komplek yang dicerna tubuh secara berkala. Sedangkan nasi putih merupakan sumber karbohidrat simpel yang dapat dicerna oleh tubu dengan cepat, sehingga kita akan merasakan lapar kembali dalam waktu yang singkat.

  • Pilih Makanan yang Tepat

Untuk dapat menekan dan mengontrol nafsu makan, sangat penting untuk memilih makanan yang tepat. Setiap makanan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Maka dari itu, pilihlah makanan yang rendah kalori tapi lebih mengenyangkan. Anda bisa memilih makanan seperti sup, buah jeruk, kacang-kacangan, serta pop corn yang bisa membuat perut lebih kenyang tanpa menambah tumpukan kalori dalam tubuh.

  • Bagi Porsi Makanan

Membagi porsi makan hingga 5 atau 6 porsi makanan daripada 3 porsi dalam sehari akan mengurangi kecenderungan makan secara berlebihan dan tentunya dapat mencegah keinginan untuk mengonsumsi makanan ringan. Waktu makan yang tepat juga berpengaruh menekan keinginan atau nafsu makan.

Baca Juga : Pelangsing Tubuh Pria dan Wanita

  • Kenali Antara Rasa Lapar dan Nafsu Makan

Sekilas, kedua istilah ini memang tidak jauh berbeda. Namun, para peneliti telah membuktikan bahwa pada dasarnya rasa lapar dan nafsu makan merupakan dua hal yang bebeda. Rasa lapar bisa diartikan sebagai kebutuhan untuk makan, yang terjadi akibat reaksi fisik termasuk perubahan zat kimia dalam tubuh yang berkaitan dengan rendahnya kadar glukosa darah. Atau bisa juga diartikan sebagai insting atau mekanisme pelindung yang membuat tubuh mendapatkan bahan bakar yang dibutuhkan untuk dapat berfungsi dengan baik.

Sedangakn nafsu makan yaitu adanya keinginan untuk makan sesuatu yang disebabkan oleh reaksi sensoris atau fisiologi (seperti melihat makanan yang lezat, mencium aroma makanan, dan sebagainya) yang merangsang respon fisiologis yang tidak dapat dikontrol, seperti timbulnya air liur dan keinginan untuk makan, tapi bukan lapar.

  • Buat Catatan Makanan

Anda dapat menulis apapun yang telah Anda makan setiap harinya. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui dan mengingat berapa banyak makanan yang telah dikonsumsi serta juga dapat mengetahui berapa banyak makanan yang mengandung gula yang telah Anda konsumsi. Jika perlu, buat batasan-batasan pada buku catatan mengenai banyaknya makanan yang bisa di konsumsi. Makan yang terlalu banyak gula dapat membuat rasa lapar tak terpuaskan.

  • Mulai Berolahraga

Selain dapat membantu membakar lemak, olahraga juga dapat mengembalikan sensitivitas hormon pengatur rasa kenyang dalam tubuh. Jadi, jika Anda melakukan olahraga secara teratur dan rutin dapat menekan dan mengontrol nafsu makan berlebih.

  • Jangan Biarkan Stress dan Bosan Membawa Anda pada Makanan

Ketika Anda merasa stress atau bosan, cobalah untuk melakukan aktivitas tertentu yang dapat menjauhkan Anda dari dapur, meja makan, makanan, dan keinginan makan itu sendiri. Salah satu gejala stress yaitu makan berlebihan atau sebaliknya. Mengapa Anda harus makan, jika saat stress Anda juga bisa membaca buku, mendengarkan lagu favorit Anda, jalan-jalan, mengunjungi sahabat, atau yang lainnya. Dengan begitu, bukan hanya akan terhindar dari makanan, tapi secara tidak langsung Anda juga telah menghadapi rasa bosan dan stress dengan cara yang benar.

0 Response to "Cara Mengontrol Nafsu Makan Saat Diet"

Posting Komentar