Lari Pagi untuk Menurunkan Berat Badan

Salah satu waktu yang tepat untuk berolahraga selain sore hari adalah pagi hari. Pada pagi hari udara masih sangat sejuk, belum banyak kendaraan yang lalu lalang yang menerbangkan debu dan juga tidak banyak asap kendaraan bermotor, sehingga baik untuk pernapasan.

Banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan dipagi hari, salah satunya adalah lari pagi. Lari pagi merupakan olahraga yang murah dan juga mudah, namun memiliki manfaat yang sangat menyehatkan. Manfaat dari lari pagi ini sangat bermacam-macam, salah satunya untuk membantu menurunkan berat badan.


Menurut penelitian, lari pagi yang dilakukan selama 30 menit akan membakar 100 kalori. Jika rutin dilakukan, maka kalori yang tersimpan dalam tubuh yang banyak lemaknya akan menyusut. Orang yang melakukan program diet bisa memasukkan lari pagi dalam daftar program diet Anda. Manfaat lari pagi untuk menurunkan berat badan sangat dibutuhkan. Tubuh akan menjadi lebih ringan dan terhindar dari lemak berlebih, sehingga berbagai penyakit yang disebabakan akibat obesitas dapat dihindarkan.

Tapi, mungkin ada sebagian orang yang bertanya-tanya, mengapa berat badan mereka tidak turun meskipun sudah melakukan lari pagi. Padahal, menurut orang lari pagi adalah salah satu aktivitas yang efektif untuk menurunkan berat badan. Jika Anda mengalami hal ini, mungkin ada yang salah dengan cara melakukannya.

Berikut ini cara lari pagi yang efektif untuk menurunkan berat badan :

  • Menggunakan Sepatu Lari

Mungkin sebagian dari kita melakukan lari pagi seenaknya saja dengan menggunakan sepatu apa saja. Padahal, ada sepatu khusus untuk lari lho. Jika menggunakan sepatu lain, maka kaki akan terasa sakit karena tidak menapak dengan benar.

Sedangakan sepatu lari memang dirancang secara khusus, sehingga ketika lari kaki terasa nyaman. Alasnya dirancang khusus agar tidak melukai kaki dan mencegah terjadinya cedera.

  • Pilihlah Pakaian dengan Tepat

Sebelum melakukan lari pagi, sebaiknya gunakan pakaian yang tepat. Pilihlah pakaian yang dapat menyerap keringat. Buat diri Anda merasa nyaman dan tidak kegerahan ketika berlari.


http://www.obat-pelangsing.org/
  • Atur Napas

Agar tidak cepat lelah ketika lari, aturlah pernapasan Anda. Gunakan hidung untuk menarik dan membuang napas. Tutup mulut rapat-rapat sehingga Anda bisa merasakan keluar masuknya udara melalui hidung. Dengan begitu, Anda juga dapat melatih pernapasan dan jantung. 

  • Tapakan Kaki dengan Benar

Ketika lari, tapakan kaki dengan benar agar tidak merasa lelah. Posisi kaki yang tidak mudah membuat lelah adalah setengah berjinjit. Jangan menapakan seluruh kaki Anda di tanah, gunakan hanya ujung kaki.

  • Pendinginan

Sebelum berhenti, berjalanlah selama 5-10 menit dan jangan langsung duduk atau bersila. Minumlah air putih untuk mengganti cairan yang keluar selama Anda lari.

Selain melakukan lari pagi, imbangi juga dengan mengatur pola makan yang sehat agar penurunan berat badan bisa lebih optimal. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 Response to "Lari Pagi untuk Menurunkan Berat Badan"

Poskan Komentar