Nonton TV Lebih Dari 2 Jam Bisa Bikin Anak Gemuk


Menonton TV merupakan salah satu kegiatan yang banyak digemari, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Walaupun begitu, menonton TV harus dibatasi, jangan sampai lebih dari 2 jam. Kenapa ?

Menurut penelitian terbaru mengungkapkan bahwa menonton televisi lebih dari 2 jam sehari bisa meningkatkan resiko obesitas sebanyak 19% pada anak laki-laki dan prempuan. Tidak hanya itu, mengonsumsi makan siang di sekolah juga bisa meningkatkan obesitas sebanyak 29% pada anak laki-laki dna 27% pada anak perempuan.

Tapi, tidak selamanya faktor risiko seperti menonton televisi dan makan siang memiliki fampak yang sama terhadap anak laki-laki dan perempuan. Faktanya, faktor risiko obesitas pada anak bisa berbeda satu dengan yang lainnya. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa beberapa hal yang bisa meningkatakn risiko obesitas pada anak laki-laki tidak berlaku pada anak perempuan, begitu juga sebaliknya.

Dr. Elizabeth Jackson dari University of Mochigan School of Medicine memberikan beberapa contoh perbedaan faktor risiko pada anak perempuan dan laki-laki. Pada anak laki-laki menjadi bagian dari tim olahraga sekolah bisa menurunkan risiko obesitas, sedangkan pada hal ini tidak berpengaruh pada anak perempuan. Sementara itu, anak perempuan yang minum susu lebih memiliki perlindungan terhadap obesitas, namun hal ini tidak berlaku pada anak laki-laki.

Hasil ini Jackson dapatkan setelah melakukan pengamatan data dari 1.700 anak yang duduk di kelas 6 pada 20 sekolah mulai dari tahun 2004 sampai 2011. Penelitian tersebut mengamati BMI, tekanan darah, kolesterol, gula darah, dan kebiasaan anak seperti menonton televisi, dan sebagainya.

http://www.obat-pelangsing.org/
Setelah mengamati kebiasaan dari anak-anak tersebut, Jackson menemukan beberapa hal yang bisa memprediksi obesitas pada anak. Anak laki-laki yang aktif dalam kegiatan olahraga sekolah memiliki risiko obesitas lebih rendah 23%. Sedangkan anak perempuan yang memiliki kebiasaan minum susu memiliki risiko obesitas 19% lebih rendah.

Jadi, jika anak memiliki kebiasaan yang bisa menjadi faktor risiko obesitas seperti menonton televisi dalam waktu yang berlebihan, sebaiknya segera ubah kebiasaan tersebut sekarang juga sebelum hal tersebut mengakibatkan obesitas. Orang tua bisa mengajak anak untuk lebih aktif bergerak dengan melakukan berbagai kegiatan bersama, seperti bermain, mengajaknya berkebun, berolahraga bersama, dan sebagainya. Dengan begitu, anak tidak akan melakukan kegiatan menonton televisi secara terus menerus.

0 Response to "Nonton TV Lebih Dari 2 Jam Bisa Bikin Anak Gemuk"

Poskan Komentar