Pentingnya Protein untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Melakukan diet bukan berarti Anda mengurangi atau menghilangkan hal-hal yang dibutuhkan oleh tubuh. Diet yang seimbang tentunya harus memperdimbangkan beberapa asupan sehat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain buah-buahan dan sayuran, protein juga sangat dibutuhkan tubuh saat diet. Protein merupakan salah satu nutrisi terpenting dalam keberhasilan program penurunan berat badan yang sehat dan aman. Ketika diet, sangatd isarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi protein. 


Fungsi utama protein adalah membentuk semua sel dan jaringan tubuh. Disamping itu, protein juga memiliki manfaat lain, yaitu untuk membantu meningkatkan proses metabolsme termasuk pembakaran lemak.

Selain itu, protein juga merupaan nutrisi yang lama dicerna tubuh. Ketika masuk pemcernaan, protein harus melalui beberapa proses sehingga tercerna dengan sempurna. Hal tersebut akan menimbulkan efek kenyang lebih lama. Semakin banyak mengonsumsi protein, maka tubuh akan semakin lama merasakan lapar.

Tidak hanya itu, proein juga bekerja membantu membakar lemak karena dapat memberi asupan energi untuk oo. Menurut dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK, tubuh membutuhkan asupan protein sebesar 15-25% dari keseluruhan kebutuhan nutrisi per harinya.

Dalam sehari, Anda sebaiknya mengonsumsi protein sebanyak 120-140 gram. Itu setara dengan 1 potong sedang daging ayam tanpa kulit, 1 potong dagng merah rendah lemak, 1 ekor ikan ukuran sedang, dan 2 potong tempe. Selain itu, sumber protein juga terdapat dalam tahu dan kacang-kacangan.

Walaupun protein cukup penting, namun Anda tidak lantas diperbolehkan hanya mengandalkan protein untuk menunjang keberhasilan diet Anda. Bagaimanapun juga tubuh membutuhkna nutrisi lainnya seperti karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral agar fungsi-fungsi organ tubuh bekerja dengan baik.

Selain mengatur pola makan, program diet penurunan berat badan juga harus disertai dengan olahraga dan tekad yang tinggi untuk mencapai hasil yang diharapkan.

Menurut Rossy Waworuntu, senior manager corporate affairs Amway Indonesia, penurunan berat badan yang aman adalah 4 kg dalam sebulan. Dengan disiplin dan konsistensi tinggi, berat badan ideal bisa didapatkan dengan mudah dan aman. 

0 Response to "Pentingnya Protein untuk Diet Menurunkan Berat Badan"

Posting Komentar