Tips Menjaga Berat Badan Meski Sering Makan Malam

Tubuh yang langsing ideal merupakan hal yang paling diinginkan oleh sebagian besar orang, terutama mereka. Namun, untuk mendapatkan tubuh yang langsing ideal bukanlah sesuatu yang mudah. Dibutuhkan perjuangan serta tekad yang kuat untuk menjalankan program penurunan berat badan serta juga untuk menjaga agar tubuh tetap langsing ideal. Salah satu cara yang banyak dipilih untuk menjaga dan menurunkan berat badan adalah dengan melakuka diet.

Diet merupakan salah satu cara yang diyakini sangat efektif untuk membantu menurunkan berat badan, yaitu dengan mengatur pola makan serta melakukan olahraga secara teratur. Dalam melakukan diet, biasanya makan malam merupakan salah satu pantangan yang harus dihindari. Karena makan dimalam hari dapat membuat program diet yang dijalankan menjadi gagal dan menyebabkan berat badan menjadi naik. 


Bagi mereka yang telah biasa melakukan program diet mungkin mengurangi porsi makan merupakan hal yang biasa. Tapi, bagi mereka yang baru menjalankannya, mungkin mengurangi porsi makan, terlebih lagi jika harus melewatkan makan malam. Maka akan menjadi sangat sulit dan membutuhkan waktu dan tahapan-tahapan untuk bisa mengurangi porsi makan. Nah, bagi Anda yang tidak bisa melewatkan makan malam namun ingin tetap menjalankan diet, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menjaga dan menurunkan berat badan meski sering makan malam :

  • Jangan Langsung Tidur

Setelah makan dan langsungtidur memang tidak baik. Bukan hanya bisa menaikkan berat badan, tapi juga bisa menaikkan kadar gula darah. Sebaiknya batasi jam makan malam Anda, maksimal jam 7 malam atau kurang. Atau usahakan untuk memberi jeda beberapa jam setelah makan agar makanan yang dikonsumsi bisa diserap oleh tubuh dan tidak mengendap menjadi lemak. Semakin jauh jarak terakhir Anda makan dan waktu tidur, maka akan semakin baik. Karena Anda masih memiliki banyak waktu untuk lebih banyak bergerak sebelum tidur.

  • Minum Air Hangat

Minum air hangat bisa membantu metabolisme, dapat mempercepat tubuh untuk memproses makana dan membersihkan sistem pencernaan. Tidak hanya itu saja, air hangat juga akan membuat Anda rileks dan membantu membuang racun dalam tubuh. 

  • Hindari Minum Air Panas

Usahakan untuk menghindari minum teh atau kopi setelah makan malam. Selain mengandung kafein yang akan menghambat penyerapan nutrisi, teh dan kopi yang mengandung kafein juga bisa membuat Anda terjaga lebih lama di malam hari. Ini bisa mengganggu jam istirahah malam Anda. Teh mengandung polifenol dan tanin yang akan menyulitkan tubuh untuk menyerap zat besi.
Baca Juga : Pelangsing Tubuh Pria dan Wanita

  • Berjalan-jalan

Hindari olahraga yang berat untuk membakar kalori yang telah masuk setelah makan malam, lakukanlah olahraga ringian seperti jalan-jalan santai disekitar rumah. Ini tidak membutuhkan gerakan spontan yang keras yang akan membuat Anda kewalahan dan kelellahan. Mendengarkan musik sambil menghirup udara segar malam dan berjalan santai akan membuat Anda menjadi rileks dan siap untuk tidur nanti malam.

  • Hindari Olahraga Keras

Jika Anda takut gemuk setelah makan, mungkin Anda akan berpikir olahraga setelah makan akan membantu membakar kalori yang telah masuk ke dalam tubuh. Namun, jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan olahraga terlalu keras. Karena hal tersebut akan membuat perut kram dan tubuh bekerja keras membakar kalori. Hal tersebut tentu sangat tidak baik untuk kesehatan.

Nah, itulah beberapa tips menjaga dan menurunkan berat badan meski Anda sering makan malam. Jadi, Anda tidak perlu ragu serta khawatir lagi jika ingin melakukan diet tapi tidak bisa meninggalkan kebiasaan makan malam Anda. Semoga tips diatas bisa bermanfaat dan bisa membantu menjadi solusi terbaik untuk Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 Response to "Tips Menjaga Berat Badan Meski Sering Makan Malam"

Poskan Komentar