Waspadai, Jenis Diet Ini Justru Bahayakan Nyawa

 

Diet merupakan salah satu metode yang banyak digunakan untuk membantu menurunkan berat badan dan bisa membuat Anda menjadi lebih sehat. Banyak cara diet yang dilakukan oleh banyak orang untuk membantu menurunkan berat badan dan mndapatkan bentuk tubuh yang sesuai dengan yang diinginkannya.

Meskipun banyak jenis diet alami dan sehat yang bisa dilakukan, tapi tidak sedikit pula yang memilih jenis diet instan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, sayangnya, cara tersebut tidak dianjurkan dan bahkan bisa mengancam nyawa pelaku diet.

Para pelaku diet juga harus berhati-hati dalam memilih program diet yang akan dilakukan. Karena ternyata ada beberapa jensi diet yang berbahaya untuk diterapkan pada tubuh. Tubuh dapat kehilangan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan. Akibatnya, jika kekurangan nutrisi, kesehatan tubuh akan menurun, sehingga menyebabkan tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.

Dan berikut ini beberapa jenis diet yang berbahaya untuk tubuh :

  • HCG Diet

HCG diet atau human chorionic gonadotropin merupakan hormon yang ditemukan dalam air seni wanita hamil dan plasenta manusia. Hormon ini dipercaya mampu menurunkan berat badan dengan cara disuntikkan atau digosokkan ke kulit dalam bentuk krim. Para pelaku diet yang melakukan program diet ini tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan lebih dari 800 kalori perhari. Namun, nyatanya tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa hormon ini dapat mengurangi berat badan. Justru program diet ini dapat menyebabkan tubuh kekurangan vitamin dan mineral karena asupan kalori yang rendah.

  • Master Cleanse

Master cleanse yaitu jenis diet yang menjanjikan dapat mendetoksifikasi tubuh. Di dalam diet ini pelaku diet hanya diperbolehkan mengonsumsi air lemon, sirup maple, air putih, air garam, dan teh pencahar selama 10 hari. Hal ini tentu saja berbahaya, karena dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi, menyebabkan peradangan, dan menurunkan sistem imun tubuh.

http://www.obat-pelangsing.org/

  • Paleolitik Diet

Paleolitik diet atau yang dikenal juga dengan diet pola jaman batu hanya memperbolehkan pengikutnya untuk mengonsumsi makanan alami dan menjauhi makanan olahan. Hal ini memang terdengar menyehatkan. Tapi, tubuh juga dapat kehilangan nutrisi dari susu karena susu berikut produk olahannya tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi.

  • Diet Frutarian

Sama seperti namanya, diet ini hanya memperbolehkan pelakunya untuk mengonsumsi buah-buahan. Semua bahan makanan bahkan termasuk sayur-sayuran tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi. Tentu saja kebutuhan nutrisi seperti vitamin B12, protein, besi, seng, vitamin D dan kalsium tidak dapat tercukupu karena tidak ditemukan pada buah-buahan. Kekuranan nutrisi tersebut dapat menyebabkan anemia dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

  • Diet Makanan Bayi

Makanan dengan menu makanan bayi dan porsi kecil saat Anda masih bayi mungkin merupakan hal yang baik untuk menjaga berat badan. Namun, menurut beberapa penelitin, hal ini dapat berbahaya bagi tubuh karena makanan tersebut tidak dapat mengakomodir kebutuhan nutrisi orang dewasa. Akibatnya, tingkat metabolisme dapat menurun dan kebutuhan nutrisi tidak dapat tercukupi dengan baik.

  • Feeding Tube Diet

Dalam melakukan program diet ini, pelaku hanya mengonsumsi formula cairan yang dimasukkan ke dalam tube atau tabung selama 10 hari. Tabung ini harus dibawa kemana-mana layaknya infus dan hanya dilepaskan ketika Anda diperbolehkan untuk meminum secangkir teh herbal tanpa gula saja. Diet ini dapat membahayakan tubuh, karena dapat menyebabkan pusing, sembelit, dehidrasi, sakit kepala, dan batu ginjal.

Diet memang merupakan cara terbaik untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh sesuai dengan yang diinginkan. Tapi, dalam menjalankannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Diet pada dasarnya adalah mengonsumsi makana sehat dan seimbang serta dengan porsi yang tidak berlebihan. Diet seharusnya tidak menyiksa orang yang menjalankannya. Maka dari itu, sebeum berdiet, dengarkan tubuh Anda hingga dapat memilih pola diet yang sesuai dengan Anda. Atau Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis atau ahli gizi untuk membantu Anda memilig program yang tepat.

0 Response to "Waspadai, Jenis Diet Ini Justru Bahayakan Nyawa"

Poskan Komentar