Agar Diet Berhasil, Ketahui Jenis Karbohidrat Berikut

Siapapun pasti ingin memiliki berat badan yang ideal. Maka dari itu, banyak orang yang berlomba-lomba melakukan berbagai hal untuk mengurangi berat badan.

Terkadang ada saja kesulitan-kesulitan yang ditemukan untuk memiliki tubuh sesuai yang diinginkan. Karena tidak banyak yang mengerti akan kandungan asupan makanan yang dikonsumsinya secara detail. Padahal, dengan mengurangi asupan karbohidrat harian saja sudah cukup untuk membantu menurunkan berat badan.




Karbohidrat memang sering disebut-sebut sebagai faktor yang menyebabkan kegemukan dan lemak yang menumpuk di dadalm tubuh. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda mengonsumsi karbohidrat yang sehat dan dalam jumlah yang sesuai.

Banyak irang yang belum bisa membedakan mana karbo yang sehat dan yang tidak sehat. Sehingga mereka berpendapat bahwa karbohidrat itu pasti menggemukkan dan tidak sehat. Hal inilah yang memicu orang untuk melakukan diet rendah karbohidrat tinggi protein. Padahal, kekurangan karbohidrat justru bis amenimbulkan masalah kesehatan baru seperti sakit kepala, lemah, lesu, tubuh gemetar, dan sebagainya.

Sebelum terjebak dalam menajalani diet yang tidak sehat, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu karbohidrat sehat dan tikda sehat. Dalam dunia nutrisi, dikenal ada dua jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Lalu, apa perbedaannya ? Simak penjelasannya berikut ini :

Karbohidrat Sederhana


Karbohidrat sederhana sering disebut juga dengan white carb atau karbohidrat putih. Umumnya karbohidrat ini berupa nasi putih, gula, mie ayam, bubur ayam, roti putih, dan lontong. White carb banyak dikonsumsi ketika orang sedang stress, kesal, suntuk, atau galau karena dapat meningkatkan serotonin, yaitu hormon yang memicu rasa senang. Hormon ini menimbulkan perasaan senang dan nyaman, sehingga orang ingin makan lagi dan lagi. Dampaknya seperti ketergantungan.

Karbohidrat sederhana mengandung gula tinggi, ketika dicerna akan langsung menjadi energi dengan cepat dan meningkatkan kadar gula darah. Ketika gula darah naik, rasa laparpun akan cepat kembali datang, sehingga Anda akan ingin makan terus. makanan yang mengandung karbohidrat sederhana umumnya lebih mudah diubah menjadi lemak. Inilah yang menyebabkan kegemukan.

Karbohidarat Kompleks


Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna, sehingga membuat tubuh terus mengeluarkan energi untuk menghancurkannya dan mengurangi risiko timbunan lemak yang disebabkan oleh kelebihan gula. Selain itu, karbohidrat kompleks juga kaya akan serat, sehingga menahan kenyang lebih lama, ihngga 6 jam.

Beberapa jenis makanan yang menjadi sumber karbohidrat diantaranya adalah beras merah, roti handum, kentang rebus, sereal gandum, bubur oatmeal, biji-bijian dan kacang-kacangan. Jadi, untuk mendapatkan tubuh langsing yang diinginkan, Anda tidak perlu mengurangi asupan karbohidrat secara drastis. Cukup ganti nasi pytih dengan nasi merah, bubur ayam dengan bubur oatmela, atau mie ayam dengan pasta dalam jumlah yang cukup.

Menurut dr. Phaidon, solusi jika ingin langsing dalam waktu yang cepat adalah dengan mengantu karbohidrat putih dengan karbohidrat kompleks.

Nah, dengan menjalankan tips tersebut, Anda tidak akan merasa kesulitan untuk menurunkan berat badan. Jika Anda ingin mencari solusi yang lain, obat pelangsing alami mungkin bisa menjadi pilihan Anda. Namun, perlu diingat, jangan sembarangan dalam memilih obat pelangsing. Pilihkan obat pelangsing yang mengandung bahan alami serta tidak mengandung bahan kimia. Perhatikan juga apakah obat pelangsing tersebut telah memiliki legalitas yang resmi atau tidak.

Semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat dan bisa menjadi solusi terbaik untuk membantu menurunkan berat badan secara alami dan juga efektif.

0 Response to "Agar Diet Berhasil, Ketahui Jenis Karbohidrat Berikut"

Poskan Komentar