Penurunan Berat Badan Bisa Terhambat Jika Terobsesi Olahraga


Olahraga mungkin menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Siapapun akan bekerja keras untuk bisa menurunkan berat badan dengan cara berolahraga secara rutin. Namun, pemikiran tersebut tidak sepenuhnya benar.

Olahraga secara rutin memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tapi jika ingin menurunkan berat badan, peneliti menyarankan sebaiknya olahraga dilakukan tidak terlalu sering. Pasalnya karena jika beban olahraga tinggi, maka tubuh bisa beradaptasi sehingga kalori yang dibakar menjadi lebih sedikit.

Studi yang dirilis dalam jurnal Current Biology mengungkapkan bahwa berolahraga terlalu sering justru bisa menggagalkan rencana penurunan berat badan dalam waktu yang cepat.

Study yang dilakukan oleh Herman Pontzer dari City University of New Yorkd berserta timnya menemukan bahwa orang yang memiliki aktivitas sedang rata-rata membakar 200 kalori lebih banyak dibandingkan dengan mareka yang malas bergerak. Namun, demikian pada orang yang memiliki aktivitas fisiknya tinggi rata-rata dapat membakar kalori sama seperti orang yang aktivitasnya sedang.

Alasan mengapa hal ini bisa terjadi masih belum jelas. Peneliti memiliki teori bahwa karena kebanyakan kalori sebetulnya dipaki untuk menjalankan fungsi sel, maka ketika seseorang melakukan aktivitas tinggi ada efisiensi yang terjadi.

Study ini melihat data pengeluaran energi dari 332 orang di rentang usia 25-45 tahun. Para partisipan penelitian yang dilibatkan ada dari Ghana, Afrika Selatan, Seychelles, Jamaikan, sampai Amerika Serikat.

"Orang-orang suku pemburu Hadza mereka sangat aktif, berjalan kaki jarak jauh sepanjang hari dan banyak melakukan aktivitas fisik. Tapi meski demikian kami menemukan bahwa mereka memiliki pengeluaran energi yang sama dengan orang-orang yang gaya hidupnya lebih santai di Amerika Serikat dan Eropa," papar Pontzer.

Pontzer mengatakan bahwa olahraga tetap penting dilakukan. Namun, terkait hal ini untuk masalah penurunan berat badan sebaiknya seseorang memang tidak hanya mengandalkan olahraga saja, tapi juga tetap harus diet seimbang dengan mengatur pola makan yang sehat. 

0 Response to "Penurunan Berat Badan Bisa Terhambat Jika Terobsesi Olahraga"

Posting Komentar