Ternyata Rajin Bangun Pagi Bisa Bikin Tubuh Langsing


Mungkin ada beberapa orang yang merasa kesulitan untuk bangun pagi, baik itu akibat padatnya aktivitas pada malam hari sehingga telat untuk tidur, atau yang lainnya. Padahal, bangun pagi memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, salah satunya bisa membuat tubuh lebih langsing.

Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang bangun di pagi hari memiliki tubuh yang lebih langsing dan mereka juga lebih bahagia. Penelitian menggunakan data dari perisahaan uji gen, yaitu 23And Me.

Data diambil dari 90.000 DNA orang yang kemudian dibagi menjadi 2 golongan. Golongan yang pertama lebih produktif di malam hari. Sedangkan golongan yang kedua lebih produktif pada pagi hari.

Hasilnya, peneliti menemukan ada 15 gen yang terkait dengan orang yang bangun dan aktif di pagi hari atau disebut morning person. Selain memiliki tubuh yang lebih langsing, mereka juga ditemukan lebih bahagia. Kemudian, orang yang bangun di pagi hari juga memiliki kecenderungan lebih sedikit berisiko mengalami depresi.

Sang peneliti, David Hinds mengatakan bahwa "Kami (peneliti) gemar berpikir mengenai preferensi dan perilkau sebagai inti di balik siapa kita. Menarik melihat bagaimana biologis kita berpengaruh kepada beberapa hal, seperi Anda adalah morning person atau night owl,".

Diharapkan dari penelitian ini dapat membantu kondisi dari penyakit genetis yang beragam dan mengerti perbedaan manusia satu dengan lainnya. 



Selain itu, bangun di pagi hari juga akan mendapatkan sinar matahari yang lebih banyak. Para peneliti di Amerika Serikat mengumumkan dampak dari bangun pagi tersebut berdasarkan studi yang melibatkan 54 orang. Semakin awal terpapar cahaya matahari, maka indeks massa tubuh individu akan semakin rendah.

Research associate professor di Northwestern University untuk ilmu saraf ini pun mengatakan bahwa responden yang bangun lebihs iang memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi. Hasil riset diterbitkan dalma jurnal PLoS ONE.

Rata-rata usia responden penelitian ini adalah 30 tahun. Mereka mengenakanalat pemantau di pergelangan tangan untuk mengukur paparan cahaya dan siklus tidur mereka. Para responden ini diminta mempertahankan pola makan mereka selaa 7 hari.

Cahaya matahari pagi hari memiliki pengaruh terhadap massa tubuh seseorang, terlepas dari aktivitas fisik, asupan aklori, eaktu tidur, usia, ataupunmusim. Studi ini mendapatkan cahaya pagi menyumbang sekitar 20% indeks massa tubuh seseorang.

"Cahaya adalah agen yang paling ampuh untuk menyinkronkan jam tubuh internal yang mengatur irama sirkadian, yang pada gilirannya juga mengatur keseimbangan energi," kata peneliti senior dalam penelitian ini Phyllis Zee. "Pesannya, Anda harus mendapatkan lebih banyak cahaya antara pukul 08.00 hingga tengah hari," ujar dia.

Tidak ada penjelasan, apakah puku 08.00 ini berlaku universal ataupun hanya berdasarkan kondisi cahaya matahari di lokasi penelitian. Namun, penelitian tesebut mengatakan setidaknya 20 sampai 30 menit terpapat cahaya matahari sudah cukup untuk mempengaruhi indeks massa tubuh.

Artikel Terkait : Obat Pelangsing Tubuh

0 Response to "Ternyata Rajin Bangun Pagi Bisa Bikin Tubuh Langsing"

Posting Komentar