Makanan Fermentasi yang Bisa Membantu Diet Anda


Seorang ahli nutrisi Amerika, Kristin Sousex, memprediksi bahwa makanan yang difermentasikan akan terus meningkat jumlah peminatnya. Peningkatan jumlah peminat ini disebabkan oleh semakin tingginya masyarakat terhadap proses pencernaan di mulai.

Fermentasi merupakan praktek pengawetan makanan dengan menggunakan mikroba. Tidak selamanya makanan yang difermentasikan buruk bagi kesehatan. Buktinya ada juga makanan yang baik untuk kesehatan seperti tempe, yoghurt, kefir, kombucha, dan lain-lain. Bahkan makanan yang difermentasikan banyak juga yang digunakan untuk pengobatan. Selain itu, ternyata makanan fermentasi juga baik bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.

Hal ini karena makanan fermentasi diproduksi olehmikroba probiotik yang biasa terdapat pada ragi, Ragi berfungsi untuk emningkatkan gizi pada makanan agar tidak rusak akibat adanya bakteri yang hidup di dalam makanan.

Menurut peneliti di International University di Barcelona Spanyol menyebutkan bahwa efek probiotik yang diberikan oleh makanna fermentasi dapat meningkatkan kesehatan mulut seperti mengurangi radang gusi, bau mulut, dan perkembangan rongga mulut.

Selain itu, bagi Anda yang sedang menjalankan diet, bakteri probiotik mampu menjaga sistem oencernaan dan membakar lemak di tubuh.

Berikut ini beberapa jenis makanan fermentasi yang dapat membantu menurunkan berat badan :

  • Kedelai Fermentasi


Diantara semua superfood berbahan dasar kedelai, miso kedelai yang diolah dengan cara difermentasi sangatlah bermanfaat untuk kesehatan. Ini adalah sumber makanan yang sangat kaya akan probiotik, tentu ini baik untuk menjaga sistem pencernaan Anda.

  • Kubis Fermentasi


Kepopuleran buah bit fermentasi di Jepang membaut orang-orang disana gemar mengonsumsinya. Tahukan Anda, bahwa makanan ini merupakan sumber probiotik yang sangat cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalankan diet, terutama untuk menu makan malam.

  • Buah Bit


Jus buah bit yang difermentasikan mengandung nitrat yang tinggi yang dapat meningkatkan aliran oksigen ke otot. Pada akhirnya, kandungannutrisi tersebut diserap oleh sistem pencernaan secara normal dan mencegah beragam penyakit kardiovaskular.

Lebih dari 100 triliyun bakteri baik ada dalam tubuh manusia, sebagian besar hidup di usus yang merupakan pusat sistem kekebalan tubuh. Jumlah sel bakteri melebihi sel manusia sebesar 10:1. Para ilmuwan tahu bakteri sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Bakteri baik membantu pencernaan, memungkinkan kita untuk mensintesis vitamin dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pentingnya bakteri ini baru menjadi lebih jelas dalam beberapa tahun belakangan.

Jika bakteri jahat menjadi lebih dominan dalam tubuh, maka penyakit dan kondisi kronis seperti IBS (sindrom iritasi usus), asma, dan mungkin juga obesitas akan lebih mungkin terjadi.

0 Response to "Makanan Fermentasi yang Bisa Membantu Diet Anda"

Posting Komentar