Sarapan Susu Ternyata Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Susu merupakan salah satu minuman yang kaya akan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat protein telah banyak diungkapkan dan beberapa diantaraya adalah mampu menurunkan kadar gula, memiliki nilai gizi yang tinggi, serta dapat menurunkan berat badan karena memiliki efek mengenyangkan yang lebih lama.

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan dengan susu. Penelitian yang dilkaukan dari Tel Aviv University melakukan studi selama 12 minggu dengan membandingkan tipe-tipe sarapan yang berbeda-beda. Tipe pertama adalah sarapand engan kadar protein tinggi, terutama sarapan dengan susu. Tipa ke dua adalah sarapan dengan kedelai, tuna, dan telur. Dan tipe yang terakhir adalah tipe tradisional yang menggunakan bahan karbohidrat. Para peneliti memberikan aneka tipe sarapan terhadap partisipan yang mengalami obesitas. 




Pada penelitian tersebut, para partisipan mengonsumsi makanan dengan porsi lebih besar pada sarapan dan makan siang. Sedangkan, pada malam hari makan dengan kalori terkontrol. hasilnya, ketika mengonsumsi protein yang berbasis susu pada partisipan rata-rata mengalami penurunan berat badan sebanyak 7.6 kg. Sedangakn partisipan yang mengonsumsi protein lainnya mengalami penurunan rata-rata sebanyak 6.1 kg. Dan Ketika mengonsumsi sarapan karbohidrat hanya turun 3.1 kg.

Alasan mengapa susu dapat menjadi menu sarapan yang tepat untuk menurunkan berat badan adalah karena protein dalam susu memiliki zat yang dapat menekan tombol ghrelin. Hormon ini dapat membuat seseorang merasakan kenyang lebih lama, sehingga tidak banyak asupan makanna yang masuk. Selain itu, kelompok yang mengonsumsi susu memiliki kadar gula yang lebih rendah, bahkan dibandingkan dengan makanna protein lain seperti kedelai dan telur. Pengurangan kadar gula dapat mengurangi rasa kelelahan seseorang dan meningkatkan konsentrasi.

Tidak hanya itu, para peneliti juga merekomendasikan untuk mencampurnya dengan kandungan protein lain yang ada dalam buha, sayur, serta telur. Tidak hanya untuk diet, sarapan dengan kaya protein juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 Response to "Sarapan Susu Ternyata Bisa Bantu Turunkan Berat Badan"

Posting Komentar