Terapkan Pola Makan Jepang Shoku-Iku Untuk Tubuh Langsing

Pelangsing Tubuh,- Ingin memiliki berat dan bentuk tubuh yang ideal seperti orang Jepang ? Ada ko caranya. Simak informasi berikut ini ! Jangan sampai terlewatkan !

Terapkan Pola Makan Jepang Shoku-Iku Agar Tubuh Langsing dan Sehat


Orang Jepang memang terkenal memiliki tubuh yang ramping dan berumur panjang. Tidak ada rahasia untuk menirunya. Seorang penulis menuangkan konsep pola makan sehat khasi Jepang yang judah untuk diikuti. Buku 'Healthy Japanese Cooking : Simple Recipes for a Long Life, The Shoku-Iku Way' bisa menjadi referensi rebaik bagi Anda untuk bisa mengatur pola makan yang sehat.

Menurut Sano, makan yang sehat harus terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan air. Namun, tetap dalam porsi yang seimbang. Berikut ini beberapa prinsip pola makan yang dituangakn dalam buku tersebut :

Makan Adalah Ritual Wajib

Melewatkan waktu makan dapat berdampak buruk pada kesehatan, selain dapat memicu penyakit maag, tidak makan juga dapat membuat seseorang kekurangan asupan kalori. Membuat sendiri menu makanan lebih baik daripada membeli makanan cepat saji. Karena cara tersebut Anda bisa mengontrol dan mengetahui kandungan pada makanan tersebut. Juga bisa melatih kreativitas Anda dalam mengolah makanan agar tidak bosan dengan menu yang sama setiap harinya.

Namun, akibat berbagai kesibukan, tidak sedikit ornag yang sering melewatkan waktu makan atau lebih memilih memesan makanan siap saji. Maka dri itu, buatlah rencana menu makanan sehari-hari selam seminggu, termasuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Selain dapat mempermudah dalam mempersiapkan makanan, hal tersebut juga dapat membantu Anda makan lebih disiplin.

Perbanyak Menu Sayuram

Berbeda dengan pola makan barat, Shoku-Iku menjelaskan bahwa menu dalam makanan seharusnya terdiri dari sayuran, nasi, dan sumber protein, seperti daging, ikan, atau telur.

Dalam setiap kali makan, perbanyaklah porsi sayuran, karena memiliki kandungan lemak yang rendah dan kaya akan serat dan vitamin. Sayuran juga dapat membantu mencegah sembelit dan menjag sistem pencernaan tetap sehat. 


Jumlah Kalori Tidak Perlu Dihitung

Sebagian besar orang Jepang tidak mengetahui berapa banyak jumlah kalori yang dikonsumsi dalam setiap makanan. walaupun begitu, masyarakat Jepang pintar dalam mengatur pola makan.

Misalnya sarapan dengan menu makanan berat, menu makan siang berupa salad rumput laut atau salad buah dan sayur. Sedangkan menu makan malam berupa burger dan kentang goreng. Untuk menu sarapan dan makan siang menghindari makanan berat tetapi lebih banyak serat.

Ingat Angka 5


Selainmenu lengkap, penataan yang cantik, komposisi dari menu makanan juga harus diperhatikan agar makanan yang dikonsumsi benar-benar bermanfaat. Konsumsi makanna yang dapat membuat Anda bahagia sekaligus mengenyangkan.

Sano menyarankan untuk makan makanan yang menarik bagi 5 panca indera yang berisi 5 rasa dan bertujuan mencerminkan 5 warna.

Walaupun terbuat dari bahan yang sama, namun penataan yang cantik dan bersih pasti akan lebih menggugah selera. Memanjakan panca indera dengan estetikan visual makanan, suara yang dihasilkan misalnya bunyi panggangan yang mendesis, tekstur dan rasa yang memanjakan lidah, serta aroma harum yang tercium dari uap makanan.

Artikel Terkait :

0 Response to "Terapkan Pola Makan Jepang Shoku-Iku Untuk Tubuh Langsing"

Poskan Komentar