Kebiasaan yang Bikin Perut Terus Merasa Lapar Seharian

Membatasi konsumsi makanan favorit, mengatur pola makan sehat, olahraga yang teratur, serta istirahat yang cukup merupakan langkah yang banyak dipilih ketika melakukan program diet. Bahkan, tidak sedikit pula yang mengurangi porsi makanan demi mendapatkan tubuh ideal. 


Terkadang banyak godaan yang menghampiri ketika Anda tengah menjalankan program diet penurunan berat badan, baik itu dari diri sendiri maupun dari lingkungan sekitar, termasuk rasa lapar yang sering hadir meskipun Anda telah makan cukup. Lalu apa yang menyebabkan perut terus merasa lapar seharian ?

Berikut ini kebiasaan sehari-hari yang mungkin menjadi pemicu perut terasa lapar seharian meski Anda merasa sudah memberi asupan yang cukup, diantaranya adalah :
  • Kurang Tidur
Kurang tidur merupakan salah satu aspek yang bisa memicu timbulnya rasa lapar. Apapun penyebabkan, tidur malam yang kurang atau bahkan tidak tidur sama sekali dapat memicu perubahan drastis dalam nafsu makan yang akhirnya bisa mempengaruhi ukuran pinggang menjadi lebih besar. Hal ini disebabkan karena tidur yang tidak cukup dapat meningkatkan tingkat ghrelin, yaitu hormon yang merangsang nafsu makan. 
  • Melewatkan Sarapan
Ini alasan yang cukup jelas. Karena ketika seseorang tidak mengonsumsi apapun di pagi hari, maka kemungkinan besar dirinya akan merasa jauh lebih lapar pada siang atau malam hari. Hal tersebut disebabkan karena tubuh menginginkan makanan dalam kadar dua kali lipat lebih banyak dari sebelumnya. 
  • Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula
Mengonsumsi minuman manis seperti teh manis yang mengandung banyak gula bisa mempengaruhi nafsu makan Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemanis bisa mengurangi aktivitas otak di daerah yang mengatur nafsu makan, sehingga otak kurang mengetahui tanda bahwa Anda sudah merasa kenyang. 
  • Mengonsumsi Makanan Kaleng
Jika menu makan malam Anda berasal dari makanan kalengan, maka jangan heran jika rasa lapar akan tetap ada. Hal ini disebabkan karena dalam menjaga kesegarannya, banyak makanan kaleng yang memiliki kandungan bisphenol-A (BPA) dalam jumlah yang tinggi. BPA dapat menyebabkan fluktuasi yang signifikan dalam kadar leptin (hormon rasa kenyang), sehingga mengaktifkan rasa lapar dan menyebabkan Anda ingin mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat.
  • Kurang Minum Air
Jika Anda tetap merasa lapar bahkan setelah makan, coba ingat apakah Anda sudah minum cukup air. Penelitian menunjukkan bahwa gejala kelaparan bisa mirip seperti dehidrasi, sehingga sinyal yang kurang jelas ini dapat membuat Anda makan terlalu banyak. 

Nah, jika Anda masih melakukan beberapa kebiasaan tersebut, maka mulai dari sekarang segera hentikan agar rasa lapar tidak terasa secara terus menerus. Sehingga program diet penurunan berat badan Anda bisa berjalan lancar. 

0 Response to "Kebiasaan yang Bikin Perut Terus Merasa Lapar Seharian"

Poskan Komentar