Tips Diet Tepat Bagi Wanita Penderita Endometriosis

www.obat-pelangsing.org,- Tidak sedikit wanita yang tidak menyadari jika dirinya telah mengidap endometriosis. Sayangnya, endometriosis bisa berdampak buruk bagi kesuburan wanita. Endometriosis adalah pembengkakan jaringan dalam rahim. Wanita yang menderita endometriosis umumnya mengalami kram dan nyeri kronis sebelum menstruasi.

Gejala lain yang mungkin timbul diantaranya kelelahan, infeksi kandung kemih, rasa sakit setelah melakukan hubungan seksual, dan infertilitas.


Ahli gizi di Mumbai, Geeta Shenoy merekomendasikan perubahan pola makan bagi wanita penderita endometriosis. Hal ini bertujuan untuk mengatasi rasa sakit, mengurangi peradangan dan menurunkan kadar estrogen dalam tubuh.

Berikut ini tips diet tepat bagi wanita penderita endometriosis :

Makan diet seimbang

Untuk kondisi kesehatan apapun, diet seimbang sangat baik untuk dilakukan. Menurut ahli gizi, Shenoy, memastikan bahwa mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung nutrisi cukup penting bagi penderita endometriosis. Konsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lemak sehat untuk mengendalikan endometriosis.

Hindari produk kedelai

Biasanya para ahli diet akan merekomendasikan Anda untuk menghilangkan produk kedelai jika Anda termasuk penderita endometriosis. Hal ini disebabkan karena meskipun kedelai kaya akan protein dan serat, namun ternyarta dapat meningkatkan kadar estrogen yang bisa berdampak buruk bagi seseorang yang menderita endometriosis.

Kurangi makanan pemicu inflamasi

Menurut ajli gizi, Shenoy, endometriosis pada dasarnya adalah kondisi peradangan. Jadi, hindari makanan yang dapat menyebabkan peradangan, seperti diantaranya adalah gula, tepung halus, lemak jenuh dan susu. Menghindari makanan-makanan tersebut dapat membantu mengurangi peradangan dan gejala endometriosis. Disisi lain, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang bisa mengurangi peradangan, seperti kunyit, jahe, dan teh hijau.

Makan tinggi serat

Wanita penderita endometriosis direkomendasikan untuk diet tinggi serat. Jadi, masukkanlah beragam jenis buah-buahan segar dan sayura untuk memenuhi kebutuhan serat harian Anda. Ini akan membawa kadar estrogen ke kisaran normal.

Omega 3

Asam lemak omega 3 memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mengonsumsi ikan berminyak atau suplemen dapat membantu mengelola gejala endometriosis. Jika Anda vegetarian, maka asam lemak oemga 3 bisa Anda dapatkan dari biji rami dan kenari.

0 Response to "Tips Diet Tepat Bagi Wanita Penderita Endometriosis"

Posting Komentar