Obesitas Jadi Faktor Penyebab Timbulnya Penyakit Ginjal

Obesitas Jadi Faktor Penyebab Timbulnya Penyakit Ginjal,- Obesitas atau kegemukan memang merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya beragam penyakit, salah satunya penyakit ginjal. Berbagai penelitian menunjukkan kaitan antara obesitas dengan terjadinya penyakit ginjal kronik serta perburukan penyakit ini. 

Secara umum, obesitas memengaruhi fungsi ginjal melalui berbagai cara. Obesitas berkontribusi tidak langsung dengan memperburuk hipertensi dan diabetes melitus yang diketahui sebagai faktor risiko penyakit ginjal.


Di sisi lain, obesitas bisa menyebabkan kerusakan ginjal secara langsung dengan memberi beban terlalu tinggi pada ginjal selama bertahun-tahun.

Menurut dr. Dharmeizar Sp.PD-KGH dalam acara peringatan Hari Ginjal Sedunia yang jatuh tiap Kamis minggu kedua bulan Maret, pada orang dengan obesitas, massa tubuh organnya besar. Ginjal akan bekerja ekstra keras untuk menyaring dan membuang zat-zat kotor dari dalam tubuh. 

Mekanisme terjadinya kerusakan ginjal pada orang dengan berat badan berlebih sangat rumit dan terjadi di tingkat sel, antara lain karena peningkatan peradangan, stres oksifatif, metabolisme lipid abnormal di ginjal, dan peningkatan produksi insulin. 

Obesitas juga meningkatkan faktor risiko gangguan ginjal seperti penurunan tingkat keasaman urine, meningkatnya asam urat, oksalat urine, sodium, dan sekresi phosphate, yang semuanya bisa membebani kerja ginjal. 

Namun, kabar baiknya, obesitas bisa di cegah. Peningkatan kesadaran akan bahaya kegemukan dan pentingnya gaya hidup sehat diketahui bisa membantu mencegah obesitas dan penyakit ginjal. 

Selain itu, menjaga kebugaran juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan obesitas, dua penyebab utama penyakit ginjal. Olahraga teratur dan aktivitas fisik membantu mengurangi risiko terajdinya penyakit ginjal. Bergerak adalah tindakan yang sederhana tetapi penting dalam menciptakan hubungan antara kesehatan dan rutinitas sehari-hari.

0 Response to "Obesitas Jadi Faktor Penyebab Timbulnya Penyakit Ginjal"

Posting Komentar