Ternyata Bukan Minuman Bersoda yang Sebabkan Obesitas

Ternyata Bukan Minuman Bersoda yang Sebabkan Obesitas,- Minuman bersoda yang tinggi gula diklaim oleh sejumlah peneliti dapat memicu obesitas. Namun, di Indonesia mungkin lain. Justru kebiasaan minum teh dan kopilah yang dapat meningkatkan risiko obesitas. 


Menurut salah seorang peneliti di SEAMEO-REFCON, Ir. Helda Khusun, MSc, PhD, sewajarnya, minum air itu berfungsi untuk hidrasi dan bukan menjadi sumber kalori. Namun, di Indonesia sendiri seringkali minuman sehari-hari seperti teh dan kopi ditambah gula.

Menurut penelitian yang ia lakukan mengenai Calorie Intake and Physical Study, ia menemukan, bahwa gula yang ditambahkan dalam minuman berontribusi terhadap 6,5% total energi, yang paling banyak disumbang oleh teh dan kopi.

Helda menggunakan 864 sampel di Indonesia yang melibatkan pria dan wanita usia 18-45 tahun di Jakarta Timur, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan. Pola konsumsi seperti ini, diikuti dengan gaya hidup tidak aktif, berkaitan erat dengan peningaktanr isiko penyakit tidak menular seperti obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

Maka dari itu, untuk mencegah obesitas, disarankan untuk memonitor keseimbangan asupan dan keluaran kalori dengan menurunkan konsumsi makanan tinggi lemak dan tinggu gula serta perubahan perilaku yang lebih aktif dengan menambah aktivitas fisik seperti olahraga untuk pembakaran kalori. 

Artikel Terkait :

0 Response to "Ternyata Bukan Minuman Bersoda yang Sebabkan Obesitas"

Posting Komentar