Minyak Esensial untuk Bantu Turunkan Berat Badan

www.obat-pelangsing.org,- Minyak esensial atau dikenal juga dengan minyak atsiri, minyak aromatik, merupakan kelompok besar minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruangan namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas. Minyak esensial merupakan bahan dasar dari wangi-wangian atua minyak gosok untuk pengobatan alami. 


Wewangian dapat mengubah mood, energi, bahkan selera makan. Perlu diketahui, bagian di otak yang bergungsi memproses wewangia sama dengan area yang memproses perasaan lapar dan kenyang. Dan apakah Anda tahu bahwa wewangian yang dihasilkan dari minyak esensial tertentu dapat membuat Anda tidak lapar ?

  • Vanilla
Penelitian di St. George's Hospital di London mengatakan bahwa mereka yang memakai vanilla sebagai aroma wewangian harian kehilangan nafsu makan yang baruk. Penyebabnya adalah mungkin disebabkan karena vanilla bisa meningkatkan endorfin.
  • Peppermint
Wangi peppermint bisa membuat Anda lupa akan rasa lapar. Penelitian yang dilakukan oleh psikolog Bryan Raudenbush dari Wheeling Jesuit University menemukan bahwa orang yang mencium aroma peppermint setiap dua jam sekali lebih tidak merasa lapar dan memakan 2.800 kalori lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tidak mencium aroma peppermint. Tidak hanya itu, peppermint juga bisa membuat anda lebih bersemangan dalam berolahraga. Tambahkan beberapa tetes minyak peppermint ke tisu atau kapas dan usapkan ke kulit.
  • Grapefruit
Penelitian dalam jurnal Autonomic Neuroscience: Basic and Clinical menemukan bahwa aroma grapefruit oil yang dihirup tiga kali dalam seminggu dapat mengurangi nafsu makan. Penelotian lain menemukan, 15 menit paparan grapefruit oil dapat mengurangi berat badan karena nafsu makan akan berkurang.  Caranya, buka botol minyak esensial, dekatkan ke hidung dan tarik napas dalam-dalam. Cara lain adalah dengan meneteskan beberapa tetes minyak grapefruit ke bahan baju dan scraft agar aromanya terasa sepanjang hari.
  • Jahe dan kayu manis
Kayu manis dan jahe dapat mempercepat metabolisme serta menyeimbangkan gula darah sehingga Anda tidak mudah merasa lapar. Minyak esensial memang tidak dikonsumsi secara internal, namun pemakaian eksternal pastinya akan sangat bermanfaat. 

“Apapun yang Anda oleskan ke kulit akan diserap tubuh dan masuk ek aliran darah,” kata Gagnon, yang menyarankan untuk mencampurkan essential oilke dalam carrier oil seperti almond, jojoba, atau evening primrose lalu memakaikannya sebagai pelembab kulit.

“Berhati-hatilah memakai kayu manis karena sangat kuat dan bisa menimbulkan iritasi jika tidak dicampurkan/diencerkan,” kata Gagnon.

Baca Juga :

0 Response to "Minyak Esensial untuk Bantu Turunkan Berat Badan"

Posting Komentar