Ketahui Kebutuhan Kalori Harian untuk Turunkan Berat Badan

Ketahui Kebutuhan Kalori Harian untuk Turunkan Berat Badan,-  Tidak sedikit mereka yang sedang menjalankan program diet sangat membatasi asupan makanan, sampai-sampai justru menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Alih-alih ingin menurunkan berat badan, hal ini justru bisa memicu timbulnya penyakit. 

Melakukan diet terlalu ketat bisa mengganggu kinerja tubuh. Maka dari itu, jika Anda ingin melakukan diet, alangkah baiknya Anda memenuhi kebutuhan kalori minimal tubuh, dan tidak perlu memangkas semua kalori. 


Untuk mencapai hal tersebut, tentu kita harus mengetahui berapa jumlah kalori harian yang diperlukan oleh tubuh. Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda, tergantung pada jenis kelamin, usia, gata hidup, serta tinggi dan berat badan. 

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, maka total asupan kalori harian harus lebih sedikit dari kebutuhan kalori harian. Sebaliknya, bagi Anda yang ingin menambah berat badan, maka Anda perlu mengonsumsi lebih banyak kalori.

Mengetahui Kebutuhan Kalori Harian Berdasarkan usia

Secara umu, asupan rata-rata kalori harian bagi pria dewasa adalah 2.500 kalori, sedangakn perempuan dewasa sekitar 2.000 kalori. Namun, jumlah tersebut sebenarnya dipengaruhi juga oleh aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Jika aktivitas yang dilakukan memerlukan aktivitas fisik yang lebih berat, maka keperluan akan asupan kalori harian tentu saja akan meningkat pula. Misalnya, kebutuhan kalori seorang pekerja bangunan akan lebih banyak jika dibandingkan dengan pekerja kantoran yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk. 

Selain itu, usia juga bisa menjadi salah satu faktor yang menentukan jumlah kalori yang dibutuhkan. Seiring dengan bertambahnya usia, terutama ketika memasuki usia lanjut, umumnya aktivitas cenderung berkurang dan akibatnya tidak lagi mengonsumsi makanan dengan asupan kalori sebanyak sebelumnya. 

Sedangkan untuk kebutuhan kalori per hari bagi anak-anak yaitu sekitar antara 1.000 hingga 2.000 kalori. Bagi usia remaja sekitar 1.400 sampai 3.200 kalori per hari. Sama halnya dengan orang dewasa, umumnya anak laki-laki memiliki kebutuhan kalori yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak perempuan.

Cara Membakar Kalori untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, maka hal yang harus dilakukan adalah mengurangi asupan kalori sekaligus membakar lebih banyak kalori. Untuk mengurangi sekitar 0.5 kg berat badan perminggu pada orang dewasa, maka diperlukan mengurangi asupan kalori sebanyak 500-750 kalori. Atau berarti, secara umum pada wanita asupan 1200-1500 kalori perhari dapat membantu menurunkan berat badan, sedangkan pada pria disarankan untuk mengonsumsi sekitar 1500-1800 kalori per hari. 

Salah satu hal yang juga perlu diperhatikan, yaitu memilih jenis dan porsi makanan yang dapat membakar banyak kalori. Cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak kalori, karena protein memerlukan energi yang cukup untuk proses metabolisme. Diet tinggi protein diketahui dapat membakar 80 sampai 100 kalori lebih banyak dalam sehari. 

Mengonsumsi asupan protein juga dapat melawan nafsu makan berlebih dan secara signifikan dapat mengurangi keinginan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan lainnya (cravings). Hal ini dapat menyebabkan penurunan berat badan secara efisien. Namun, perlu diingat, sebaiknya tetap imbangi dengan konsumsi serat dan vitamin dari buah atau sayuran. 

Selain itu, juga terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan, seperti diantaranya :
  • Perbanyak minum air
  • Kurangi asupan karbohidrat
  • Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung gula
  • Olahraga latihan beban
Untuk membantu program penurunan berat badan Anda, kini telah banyak tersedia alat atau aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu menghitung jumlah kalori harian yang diperlukan. Jika perlu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk menurunkan berat badan dengan menjaga asupan sesuai dengan kebutuhan kalori harian.


Artikel terkait :

0 Response to "Ketahui Kebutuhan Kalori Harian untuk Turunkan Berat Badan"

Posting Komentar