Benarkah Tempe Bisa Bikin Langsing? Ini Penjelasannya

Benarkah Tempe Bisa Bikin Langsing? Ini Penjelasannya,- Siapa yang tidak kenal dengan tempe. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini cukup populer di Indonesia. Selain memiliki rasa yang nikmat, tempe juga kaya akan khasiat yang baik bagi kesehatan. Bahkan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengakuinya sebagai makanan berkhasiat yang dapat mencegah dan mengatasi berbagai penyakit. 

Namun, apakah Anda tahu bahwa ternyata tempe juga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan ?


Sebelumnya, perlu diluruskan bahwa tempe yang dimaksud disini adalah tempe hasil fermentasi kedelai dengan inokulum Rhizopus sp. yang berwarna putih kapas. Rhizopus sp. merupakan jamur yang dapat mengurangi protein dalam kedelai menjadi asam amino , sehingga lebih mudah diserap tubuh. 

Salah satu sumbangan terbesar tempe bagi perempuan adalah kemampuannya yang dapat membuat tubuh tetap langsing serta mendukung program penurunan berat badan. Hal ini disebabkan karena tempe termasuk makanan yang memiliki kalori rendah, sekitar 157 kalori per 100 gr. 

Untuk kadar lemaknya sendiri, harus diakui jika tempe memiliki lemak yang cukup tinggi. Dalam setiap 100 gram tempe segar terkandung 8,8 gram lemak dan 19,7 gram pada tempe kering. 

Namun, uniknya, tempe juga mengeluarkan enzim lipase yang akan memecah lemak menjadi asam lemak yang diperlukan tubuh. Yang terbanyak adalah asam lemak linoleat, lalu linolenat, dan oleat. 

Asam lemak tersebut tidak bisa dibuat sendiri oleh tubuh, sehingga harus dipasok dari makanan sehari-hari. Selain berfungsi sebagai makanan diet, tempe juga berpotensi meningkatkan mutu makanan bagi perempuan. 

Setiap 100 gram tempe segar menyumbang 10,9 gram protein. Angka tersebut lebih dari 25% kebutuhann protein harian yang diperlukan bagi orang dewasa. Protein yang ada didalam tempe juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh bahan makanan lainnya. Sekitar 56% dari jumlah yang dikonsumsi, dapat dimanfaatkan secara maksimal. 


Baca juga :

0 Response to "Benarkah Tempe Bisa Bikin Langsing? Ini Penjelasannya"

Posting Komentar