Ingin Tubuh Lebih Langsing? Tambahkan Ini saat Jalan Kaki

Ingin Tubuh Lebih Langsing? Tambahkan Ini saat Jalan Kaki,- Selain mengatur pola makan dan olahraga secara rutin, aktivitas sederhana seperti jalan kaki juga ternyata bisa membantu menurunkan berat badan jika dilakukan secara konsisten. Bahkan, olahraga dengan intensitas sedang ini juga bisa menjadi latihan kardiovaskular yang menyehatkan jantung, melancarkan peredaran darah, serta meningkatkan kecerdasan.

Selain mudah, berjalan kaki juga tidak memerlukan biaya dan juga bisa dilakukan kapanpun. Namun perlu diketahui, jalan kaki sebagai bentuk latihan fisik bukan seperti berjalan ketika akan pergi ke tempat kerja atau toko terdekat rumah. Ada teknik-teknik tersendiri untuk memaksimalkan manfaat jalan kaki bagi kesehatan. 


Bagi Anda yang tengah berusaha untuk menurunkan berat badan, tambahkan ini saat jalan kaki agar tubuh lebih langsing :
  • Beri interval, bukit dan tangga
Jika Anda merasa bosan dengan aktivitas jalan kaki, cobalah tambahkan rute perbukitan atau tangga. Gunakan interval untuk memodifikasi rutinitas jalan kaki Anda. Misalnya, gunakan 1 menit untuk jalan kaki cepat, kemudian 2 menit berikutnya lakukan jalan kaki santai. Jika ingin lebih berkeringat, pilihlah rute perbukitan atau tangga. Dengan begitu, maka rutinitas jalan kaki tidak lagi terasa membosankan. 
  • Tambahkan beban
Kencangkan lengan dan turunkan berat badan dengan membawa beban ketika jalan kaki. Beban bisa berupa barbel kecil, dumbbell atau bahkan dua botol air mineral, masing-masing berukuran 1 liter. Ayunkan kedua tangan secara bergantian ketika berjalan untuk memberikan efek tekanan pada lengan. 
  • Ayunkan lengan
Berjalanlah secara natural tapi dengan mengayunkan lengan lebih tinggi dari biasanya. Ketika tangan terayun ke depan, tekuk siku dan lakukan berulang kali selama Anda berjalan. 
  • Kombinasikan dengan gerakan lain
Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal untuk menurunkan berat badan dan menjaga bentuk tubuh, Anda perlu  mengkombinasikan jalan kaki dengan gerakan lain, seperti push up, squat, lompat-lompat, dan plank. Ini sangat efektif agar tubuh membakar kalori seutuhnya. 
  • Kombinasikan kecepatan langkah
Ubah kecepatan langkah secara bergantian, dari langkah cepat dan pendek beralih ke langkah yang panjang serta lambat. Perubahan yang dilakukan secara berkala dan teratur ini bisa meningkatkan detak jantung yang membantu proses pembakaran kalori lebih cepat. Agar pergantian dari langkah cepat ke lambat, begitu juga sebaliknya teratur, maka Anda bisa menggunakan stopwatch untuk menggantinya setiap 1 atau 2 menit sekali. 
  • Tantang diri sendiri
Bagi Anda yang memiliki aplikasi fitness tracker, tidak ada salahnya untuk mengalahkan rekor langkah sebelumnya setiap kali Anda berjalan kaki.


Baca juga :

Cara Jalan Kaki yang Mampu Membakar Kalori
Tetap Langsing di Usia Senja dengan Jalan Kaki
Olahraga Sederhana untuk Diet
Suplemen Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

0 Response to "Ingin Tubuh Lebih Langsing? Tambahkan Ini saat Jalan Kaki"

Posting Komentar