Benarkah Mandi Air Dingin Bisa Bikin Tubuh Langsing ?

Benarkah Mandi Air Dingin Bisa Bikin Tubuh Langsing ?,- Mandi merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan setiap hari untuk membersihkan badan. Namun, selain itu, ternyata ada manfaat lain yang bisa didapatkan dari aktivitas mandi ini, yaitu mampu membantu menurunkan berat badan.

Tapi, benarhkah mandi air dingin bisa bikin tubuh langsing ? 

Berbagi cara akan dilakukan oleh mereka yang ingin memiliki berat badan ideal. Perjalanan untuk memiliki berat badan ideal ini terkadang bisa jadi sangat melelahkan dan memerlukan banyak effort. Namun, ternyata ada satu cara yang dapat membantu menghilangkan lemak tubuh dengan mudah. Hanya dengan mandi air dingin saja, maka Anda bisa membakar lemak dalam tubuh. 


Mandi air dingin disebutkan dapat meningkatkan metabolisme sekaligus membantu tubuh membakar lebih banyak lemak sepanjang hari. Ternyata ada alasan ilmiah untuk pernyataan ini. 

Tubuh manusia terdiri dari dua jenis lemak, yaitu lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih adalah lemak yang tidak diinginkan yang terakumulasi ketika Anda makan berlebih dan memasok tubuh dengan lebih banyak kalori daripada yang perlukan. Tubuh yang tidak mampu membakar kelebihan kalori tersebut akan menjadi semakin melar.

Sedangkan lemak coklat sendiri adalah lemak baik yang menghasilkan panas untuk menjaga tubuh kita hangat. Ketika tubuh terasa dingin, maka aktivitas lemak ini akan meningkat. Maka dari itu, mandi dingin akan membantu meningkatkan aktivitas lemak coklat yang akan membakar lemak saat Anda mandi.

Suhu dingin memang sudah terbukti bisa meningkatkan aktivitas pembakaran lemak coklat untuk menghasilkan energi. Dalam studi dari Harvard, orang-orang yang selama 10 hari berada dalam ruangan dengan suhu 16 derajat celcius, level aktivitas lemak coklatnya meningkat drastis. 

Menurut studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine, orang dengan jumlah lemak coklat yang lebih rendah juga memiliki indeks massa tubuh yang lebih kecil. 

Lalu, seberapa efektifkah mandi air dingin untuk menurunkan berat badan ?

Hanya karena suhu dingin dihubungkan dnegan pembakaran lemak, maka bukan berarti mandi air dingina kan efektif untuk menurunkan berat badan secara drastis. 

"Anda harus menghabiskan waktu cukup lama di bawah air dingin untuk bisa mendapatkan manfaatnya," ujar Nitin Kumar, M.D, spesialis obesitas dan pengaturan berat badan di HSHS Medical Group, melansir Women's Health, Kamis (14/12/2017).

Dalam studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical invesigation, mereka yang menghabiskan waktus elama 2 jam di tempat dengan suhu dibawah 18 derajat celcius setiap harinya bisa menurunkan berat badan sebanyak 1-2 kg dalam waktu 6 minggu. 

"Aku belum pernah ada studi yang menunjukkan kesuksesan menurunkan berat badan dengan cara menambahkan mandi air dingin," ujar Spencer Nadolsky, M.D., dokter keluarga dan anggota dari American Board and Obesity Medicine, sekaligus penulis The Fat Loss Prescription.

"Banyak orang mengatakan cara ini revolusioner, tapi sebenarnya tidak. Metode ini tidak akan membuat keajaiban untuk Anda," lanjutnya.


Baca juga :

0 Response to "Benarkah Mandi Air Dingin Bisa Bikin Tubuh Langsing ?"

Posting Komentar