Ini Alasan Kenapa Ahli Gizi Rekomendasikan Diet Ubi

Ini Alasan Kenapa Ahli Gizi Rekomendasikan Diet Ubi,- Diet merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menurunkan berat badan. Ada banyak jenis diet yang bisa dilakukan, namun tidak semuanya cocok untuk tubuh Anda. Maka dari itu, Anda tidak boleh sembarangan memilih jenis diet dan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu untuk menentukan jenis diet yang tepat untuk Anda. 

Namun, ada satu jensi diet yang direkomendasikan oleh ahli gizi untuk membantu menurunkan berat badan, yaitu diet ubi. Diet ini dinilai baik karena sebagai salah satu sumber karbohidrat, sehingga Anda akan tetap merasa kenyang lebih lama walaupun tidak mengonsumsi nasi. 


Ketua Bidang Riset Ikatan Sarjana Gizi Indonesia (ISAGI), Dudung Angkasa, S.Gz., M.G., mengungkaykan, setidaknya ada beberapa alasan kenapa diet ubi dianggap efektif untuk turunkan berat badan, diantaranya :

Kandungan serat

Jika dibandingkan dengan nasi, ubi jalar memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat yang ada didalam ubi menyebabkan bahan makanan ini lebih mudah dicerna dibandingkan dengan nasi. Hal ini disebabkan karena fungsi serat yaitu mempercepat transit makanan di usus, sehingga lebih cepat dibuang dari dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan ubi jadi salah satu alternatif diet yang cepat turunkan berat badan. 

Berkalori rendah

Selain kaya akan kandungan serat, ubi juga rendah kalori. Ubi dan nasi memiliki jumlah kadar kalori yang berbeda. Dalam 100 gram nasi mengandung 130 Kkal, sedangakn pada takaran yang sama, ubi jalar hanya mengandung 90 Kkal. Hal inilah yang menyebabkan ubi menjadi salah satu pilihan terbaik untuk membantu program penurunan berat badan Anda. 

Ubi jalar lebih volumnious dibandingkan nasi

Menjalankan program diet tidak harus menyiksa diri dengan kelaparan. Ketika mengonsumsi ubi, Anda akan merasa lebih kenyang. Hal ini disebabkan karena untuk mendapatkan jumlah karbohidrat yang sama dengan nasi, kita perlu mengonsumsi ubi yang lebih banyak, seperti mengganti 1 centong nasi (100 gram) dengan 1 ubi jalar kuning berukuran sedang (135 gram).

Menjaga kesehatan usus

Selain menurunkan berat badan, diet ubi juga akan membantu memelihara usus dengan baik. Hal ini dikarenakan ubi mengandung prebiotik seperti FOS (Frukto Oligosakarida), inulin, dan raffinosa. Ketiga kandungan tersebut akan dicerna oleh mikroflora usus yang baik, dan hasil cerna itulah yang akan menjaga kesehatan sel usus. 

Itulah 4 alasan kenapa ahli gizi merekomendasikan diet ubi untuk membantu menurunkan berat badan. Nah, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, bisa mulai mencoba untuk menerapkan program diet tersebut. Jangan lupa juga untuk mengimbangi diet ubi dengan pola makan sehat serta olahraga secara rutin. Semoga membantu.


Baca juga :

0 Response to "Ini Alasan Kenapa Ahli Gizi Rekomendasikan Diet Ubi"

Posting Komentar