Lakukan Trik Mudah Ini Agar Tubuh Tidak Gemuk saat Puasa

Lakukan Trik Mudah Ini Agar Tubuh Tidak Gemuk saat Puasa,- Puasa memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jika dijalankan dengan baik dan benar, puasa juga bisa menjadi sarana untuk menurunkan berat badan. Saat puasa, frekuensi makanm memang akan mengalami perubahan drastis. Biasanya kita akan makan paling tidak 3 kali sehari. Namun, saat puasa kita hanya makan dua kali saja, yaitu pada saat berbuka dan sahur. 

Walaupun begitu, sebagian orang justru mengalami kenaikan berat badan selama bulan puasa. Alih-alih berat badan turun, puasa justru membuat tubuh menjadi lebih gemuk. Mengapa demikian ?

Hal ini disebabkan karena pola makan yang salah saat berbuka san dahur. Meskipun sedang berpuasa, rupanya mengonsumsi makanna sehat tetap harus diperhatikan. Pemilihan jensi menu makanna dan juga banyaknya makanan yang masuk ke dlaam tubuh juga tetap harus diatur. 


Selain itu, hindari juga mengonsumsi makanna manis yang berlebihan saat berbuka. Mengonsumsi makanan tinggi lemak atau balas dendam saat berbuka juga bisa menjadi salah satu penyebab badan gemuk saat berpuasa. Selain itu, saat berpuasa secara otomatis sistem metabolisme tubuh mengalami perubahan. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa trik mudah agar tubuh tidak gemuk saat puasa yang bisa dilakukan, yaitu diantaranya :
  • Pilih waktu dan menu yang tepat
Pemilihan waktu makan dan varian makanan yang akan dikonsumsi merupakan kunci agar tumpukan lemak tidak timbul dalam tubuh. Makin dekat waktu makan dengan jam tidur, maka semakin tinggi pula potensi tubuh menyimpan lemak. 

Parahnya lagi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang suka makan pada larut malam cenderung memilih makanan yang berkalori tinggi sebagai menu utamanya. Untuk menghindarinya, usahakan untuk memilih waktu makan sejauh mungkin dari jam tidur. 

Tidak hanya itu, Anda juga harus memilih menu makanan yang tepat. Untuk makan malam, pilihlah menu yang tidak banyak mengandung lemak dan minyak. Hindari hidangan bersantan atau yang digoreng. Dengan begitu, maka lemak yang masuk tidak akan membebani metabolisme tubuh dan tidak bertumpuk menambah timbangan berat badan Anda. 

Anda bisa memilih makanan yang lebih sehat dan bersahabat, seperti gandum, ikan laut, sayur, serta buah. Jenis makanan tanpa lemak ini mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh serta rendah kandungan lemak atuapun nutrisi.

Selain kaya akan kandungan nutrisi dan serat, variasi sayur dan buah juga mengandung kolesterol baik berupa plant stanol. Plant stanol bekerja menghalangi penyerapan kolesterol jahat sehingga kadarnya terjaga tetap rendah dan stabil di dalam darah. Risiko berbagai penyakit akibat kolesterol seperti serangan jantung dan stroke pun dapat diminimalkan. Bagi Anda yang ingin lebih praktis, makanan kaya plant stanol kini juga telah tersedia dalam bentuk kemasan dan mudah didapatkan. 

Sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa, salah satunya yaitu dengan mengatur waktu dan menu makan malam. Jika Anda menerapkannya dengan tepat dan konsisten, maka tubuh akan terhindar dari kegemukan dan kolesterol, tetap fit, dan berpuasa akan terasa jauh lebih ringan. 
  • Kenali jam metabolisme tubuh
Secara sederhana, jam metabolisme dapat diartikan sebagai kemampuan tubuh dalam mengenali kapan ia harus aktif dan kapan beristirahat. Dalam dunia medis, pembedaan jam ini dinamakan irama sirkadian. Saat siang hari, dimana seluruh aktivitas harian dikerjakan, maka tubuh juga giat mengolah makanan dan menghasilkan energi untuk digunakan dalam bekerja. 

Sebaliknya, saat malam hari, tubuh menjadi lebih rileks dan metabolisme berlangsung lebih lambat. Perubahan pola kerja tubuh pada malam hari ini disebabkan adanya produksi hormon melatonin. Hormon ini berfungsi memberikan aba-aba pada tubuh untuk menurunkan kerja kerasnya, mempersiapkan diri untuk beristirahat. 

Apa yang akan terjadi jika makanan masuk pada jam ini ? Tentu hal ini menjadi kerja berat tersendiri bagi tubuh. Saat kerja tubuh sudah diperlambat, maka ia harus berpacu mencerna makanan yang dikonsumsi. Karena mendekati jam tidur malam, sebagian besar energi hasil olahannya pun tidak digunakan untuk bergerak sehingga akan menumpuk menjadi cadangan lemak.

Baca juga :

Makanan yang Dianggap Bikin Gemuk Ini Ternyata Melangsingkan
Pelangsing Kopi Hijau yang Aman

0 Response to "Lakukan Trik Mudah Ini Agar Tubuh Tidak Gemuk saat Puasa"

Posting Komentar