Benarkah Pola Diet Sehat Bisa Bantu Lindungi Pendengaran?

Benarkah Pola Diet Sehat Bisa Bantu Lindungi Pendengaran?,- Diet merupakan salah satu solusi yang cukup banyak dipilih untuk membantu mengatasi berat badan berlebih. Selain membantu menurunkan berat badan, menjalankan pola diet sehat ternyata juga bisa memengaruhi kualitas pendengaran. Hal tersebut bisa dibuktikan melalui penelitian dari Brigham and Women's Hospital di Amerika Serikat.

Menurut riset, menerapkan pola diet sehat mampu menurunkan risiko kehilangan pendengaran pada wanita. Para peneliti yang dibantu oleh perawat dari Health Study II mengumpulkan catatan medis 70.699 pasien perempuan dalam kurun 22 tahun. 

Dari situ, peneliti menganalisis pola diet yang diterapkan dan hubungannya dengan fungsi penderngaran. 3 pola diet yang diteliti adalah diet mediterania, diet DASH, dan diet Alterantive Healthy Eating Index-2010 (AHEI 2010).


“Uniknya, kami menemukan bahwa perempuan yang menerapkan pola diet sehat punya risiko lebih rendah untuk terkena gangguan pendengaran, baik taraf sedang atau buruk,” ujar Dr. Sharon Curhan, ahli epidemiologi di rumah sakit tersebut, dilansir dari Times pada Selasa (15/5/2018).

Berdasarkan laporan yang dipublikasikan di Journal of Nutrition, peneliti menemukan bahwa diet mediterania dan DASH mengurangi 30% risiko gangguan pendengaran. Ia menambahkan, pola makan yang besar dan baik tidak hanya bagus bagi kesehatan, tetapi juga bermanfaat untuk telinga karena tetap terlindungi fungsinya. 

Selain itu, riset yang meneliti lebih dari 33.000 wanita menemukan hal yang lebih mengejutkan. Dimana wnaita yang menerapkan diet AHEI-2010 juga mengalami penurunan risiko gangguan pendengaran yang lebih besar dari 30%.

Perlu diketahui, makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama menjalani diet mediterania yaitu sayuran, buah, kcang-kacangan, biji-bijian, dan kacang polong. Ayam dan daging tetap diperbolehkan, sedangkan daging merah dan alkohol sebaiknya dibatasi. Lemak yang dipilih pun adalah lemak tak jenuh yang diambil dari minyak zaitun dan kacang-kacangan. 

Sedangkan diet DASH umumnyad ilakukan para penderita hipertensi. Pasalnya, penganut diet ini hanya diizinkan untuk mengonsumsi garam sebanyak 1500 mg-2300 mg per harinya. 

Dengan demikian, maka tekanan darah diharapkan bisa turun. Makanan yang boleh dikonsumsi haruslah yang rendah garam, serat buah dan sayur, produk susu rendah lemak, dan biji-bijian utuh.


Baca juga :

0 Response to "Benarkah Pola Diet Sehat Bisa Bantu Lindungi Pendengaran?"

Posting Komentar