Wajib Tahu! Ini Waktu yang Tepat untuk Menimbang Berat Badan

Wajib Tahu! Ini Waktu yang Tepat untuk Menimbang Berat Badan,- Bagi mereka yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, menimbang berat badan merupakan hal yang sering dilakukan, baik itu setiap hari, atau setiap minggu. Hal ini disebabkan karena menimbang dapat menjadi salah satu cara menjaga keseimbangan berat badan selama proses diet. Para ahli pun mendukung hal ini, pasalnya hal tersebut dapat membantu meghentikan kenaikan berat badan secara perlahan dan yang terpenting membuat diri Anda jujur.

Namun, jangan menimbang badan sembarang waktu, ya. Pastikan Anda selalu melakukannya pada waktu yang sama. Sebelum Anda menimbang badan, pastikan timbangan yang digunakan befungsi dengan baik. 

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk menimbang berat badan ?


Studi telah menunjukkan, pagi hari adalah waktu terbaik untuk menimbang berat badan. Lebit tepatnya setelah buang air kecil dan sebelum sarapan. Pada waktu tersebut tubuh belum terisi makanan atau minuman apapun, sehingga angka yang tertera pada timbangan memang benar berat badan Anda. 

Ketika ingin menimbang berat badan, yang paling baik adalah menimbang tanpa busana, atau jika ingin menggunakan pakaian, maka gunakanlah pakaian yang sangat ringat. Ingat, pakaian akan menambag berat badan Anda dan berpengaruh pada timbangan. 

Selian itu, ketika Anda berolahraga di pagi hari, sebaiknya timbang berat badan sebelum olahraga. Pasalnya, ketika Anda menimbang setelah olahraga, berat badan tidak murni karena tubuh kehilangan cairan dari keringat, dan hal ini dapat bervariasi dari hari ke hari. 

Walaupun pagi hari adalah waktu yang paling umum untuk menimbang, namun tidak peduli kapan pun waktu Anda menimbang, asalkan Anda konsisten. Jika Anda ingin menimbang di sore atau malam hari, hal ini juga bisa dilakukan. 

Perlu diingat, berat badan dapat berfluktuasi sekitar 1,5 kg setiap harinya. Jika Anda menimbang badan di pagi hari ini kemudian sore hari waktu berikutnya, maka Anda tidak akan bisa membandingkan dua bobot tersebut karena Anda menimbang pada waktu yang berbeda. 

Timbangan dapat bervariasi dalam hal akurasi. Cobalah untuk menggunakan timbangan yang sama ketika menimbang, dan jangan terlalu dipikirkan jika berta badan berbeda dengan timbangan lainnya.

Baca juga :

Perlu diingat, jika angka pada timbangan tidak memberikan gambaran lebih lanjut pada apa yang terjadi pada tubuh. Timbangan tidak memberikan informasi apakah tubuh kurus atau gendut, dan tidak pula memberikan informasi apakah berat badan Anda naik atau turun. Terkadang mencoba untuk fokus pada satu angka di timbangan dinilai tidak realistis dalam beberapa kasus. 

Jangan tanamkan hal tersebut dalam pola pikir Anda, jika Anda hanya terpaku pada angka di timbangan dan Anda bersedia melakukan apapun untuk mencapai angka tertentu. Kesehatan secara keseluruhan lebih baik diukur dengan kebiasaan mengontrol diet, olahraga, tidur, dan stres, daripada terpaku pada angka di timbangan. 

0 Response to "Wajib Tahu! Ini Waktu yang Tepat untuk Menimbang Berat Badan"

Posting Komentar