Mengetahui Manfaat Diet Peskatarian untuk Kesehatan Tubuh

Mengetahui Manfaat Diet Peskatarian untuk Kesehatan Tubuh,- www.obat-pelangsing.org - Diet merupakan salah satu cara yang cukup banyak dipilih untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Ada beragam jenis diet yang bisa jadi pilihan untuk membantu program diet Anda, namun Anda tetap harus memilih jenis diet yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. 

Mungkin Anda sudah pernah mendengar ada begitu banyak jenis diet yang populer, seperti diet Mediterania, diet puasa intermittent, diet carb backloading, dan masih banyak lagi jenis diet yang cukup populer dan banyak dilakukan. Namun, apakah Anda pernah mendengar mengenai diet peskatarian? 

Sebelumnya Anda pasti sudah mengetahui mengenai diet vegetarian, dimana pelakunya hanya mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan dan tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan sama sekali. Diet peskatarian ini hampir sama dengan diet vegetarian, akan tetapi, pada diet ini Anda masih bisa mengonsumsi ikan dan makanan laut lainnya. 

Apa Itu Diet Peskatarian?

Diet peskatarian berasal dari Bahasa Italia, 'pesce' yang berarti ikan dan 'vegetarian'. Sesuai dengan namanya, diet peskatarian yaitu diet yang hanya mengonsumsiikan dan makanan laut, yang disajikan dengan sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan. Dalam diet ini daging hewan mamalia dan susu tidak dilibatkan.

Diet peskatarian disebut juga dengan diet semi-vegetarian, dan dianggap sebagai pilihan pola makan yang sehat. Diet peskatarian terdiri dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian, polong-polongan, dan makanan laut. Sebagian besar peskatarian juga makan telur dan susu. Hidangan peskatarian yang ideal terdiri dari 50% sayuran, 25% makanan laut atau protein nabati, dan 25% biji-bijian utuh atau karbohidrat kompleks lainnya.

Manfaat Diet Peskatarian untuk Kesehatan Tubuh

Selain dapat membantu program diet Anda, diet peskatarian juga dapat memberikan keuntungan bagi kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan karena diet peskatarian banyak mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan makanan nabati lainnya, maka tak heran jika diet ini bisa membantu menurunkan risiko obesitas dan penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang menjalankan diet peskatarian mengalami kenaikan berat badan per tahun yang lebih sedikit dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi daging. Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa diet peskatarian memiliki risiko diabetes yang lebih rendah sebesar 4,8% dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi daging dan sayur sebesar 7,6%.

Selain itu, sering mengonsumsi ikan juga bisa memberikan manfaat tersendiri bagi kesehatan. Hal ini disebabkan karena didalam ikan terkandung banyak nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh, seperti diantaranya asam lemak omega-3, protein, dan vitamin B12. 

Meskipun asam lemak omega-3 jenis asam alfa linolenat (ALA) juga terkandung didalam makanan nabati, namun jenis asam lemak ini tidak mudah diubah menjadi asam eikosapentanoat (EPA) dan asam dokosaheksanoat (DHA). Ikan meripakan sumber dari semua jenis asam lemak ini yang terbaik, terutama ikan salmon dan sarden. EPA dan DHA memiliki manfaat yang penting untuk menjaga kesehatan jantung, bahkan juga fungsi otak. 

Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa konsumsi omega-3 bisa memberikan kebaikan dalam menurunkan tekanan darah dan kadar trigliserida. Omega-3 juga bisa menghambat pembentukan plak lemak yang menyumbat pembuluh arteri atau aterosklerosis. Maka dari itu, konsumsi omega-3 bisa membantu menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. 

Selain asam lemak omega-3, didalam ikan dan makanan laut juga mengandung beberapa vitamin dan mineral penting lainnya. Seperti tiram yang mengandung vitamin B12, seng, dan selenium. Kerang juga mengandung vitamin B12 dan selenium, serta mangan dan vitamin B lainnya. Selanjutnya, ikan cod juga mengandung selenium, fosfor, niasin, vitamin B6 dan vitamin B12.

Dengan kandungan nutrisi yang lengkap tersebut, maka Anda tidak perlu khawatir lagi dengan asupan nutrisi yang akan masuk ke dalam tubuh selama menjalani diet peskatarian ini.

Jika Anda tertarik untuk melakukan diet peskatarian, sebaiknya ketahui dan pahami terlebih dahulu manfaat dan efek sampingnya. Dan jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memulai program diet ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengetahui Manfaat Diet Peskatarian untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar