Benarkah Minum Madu Sebelum Tidur Bisa Turunkan Berat Badan?

Benarkah Minum Madu Sebelum Tidur Bisa Turunkan Berat Badan?,- www.obat-pelangsing.org - Ketika sedang menjalani program diet penurunan berat badan, makanan dan minuman manis merupakan hal yang paling sering dihindari. Padahal, tidak semua makanan yang manis harus dijauhi, seperti halnya madu. 

Ya, sudah sejak lama madu dikenal memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari madu yaitu mampu membantu menurunkan berat badan. Diketahui minum madu sebelum tidur bisa turunkan berat badan. Benarkah?

Manfaat Madu untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Madu tidak hanya berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh, tetapi juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena dalam 1 sendok madu terkandung 17 gram karbohidrat. Jadi, secara tidak langsung madu bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat yang diperlukan tubuh. 

Menurut National Honey Board, madu tidak mengandung lemak, bebas kolesterol dan sodium. Maka dari itu, madu disebut sebagai nektar manis alami. Namun, dalam satu sendok madu juga terkandung 64 kalori. 

Bagaimana madu bisa menurunkan berat badan?

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition, madu bisa mengendalikan nafsu makan. Cobalah untuk mengonsumsi madu sebelum tidur agar tubuh mulai membakar lebih banyak lemak selama jam-jam awal tidur. Anda bisa menggunakan madu sebagai pengganti gula pada makanan yang dikonsumsi. 

Jika Anda mengonsumsi madu satu jam sebelum tidur, maka otak akan bekerja menggerakkan otot untuk menghasilkan energi yang disebut dengan energi madu. Proses ini juga bisa memproduksi hormon pertumbuhan, sehingga membuat tubuh menjadi lebih langsing.

Untuk memproduksi hormon pertumbuhan tersebut, otak memerlukan sumber energi berupa gula yang tersimpan pada organ liver manusia. Konsumsilah madu sebelum tidur agar liver bisa langsung memproses gula yang tersimpan dalam liver dan diproses menjadi sekresi hormon pertumbuhan. Dengan adanya hormon pertumbuhan, maka pembakaran lemak pun akan terasa lebih maksimal.

Baca juga : Waspada! Perut Buncit Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Demensia

Untuk mengoptimalkan kinerja otak dalam memproduksi hormon pertumbuhan, kombinasikan konsumsi madu ini dengan kualitas tidur yang baik. Semakin pulas tidur Anda, maka semakin banyak pula hormon pertumbuhan yang dihasilkan oleh tubuh. Semakin banyak hormon pertumbuhan yang dihasilkan, maka semakin optimal pula proses pembakaran lemak di dalam tubuh. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengolah madu menajdi minuman nikmat. Anda bisa mencampurkan madu dengan lemon atau kayu manis kedalam 1 gelas air, kemudian konsumsi sebelum tidur. 

Anda juga bisa mencampurkan madu ke dalam teh panas setiap pagi dan minum 1 sendok makan sekitar 30 menit sebelum tidur yang akan mengoptimalkan istirahat Anda. 

Madu dipercaya dapat mengurangi nafsu makan berlebih. Minum madu setiap malam bisa mengurangi stres dan membuat tidur jadi lebih nyenyak. Tidak hanya itu, madu juga akan memangkas lemak dlaam tubuh dan memperbaiki sistem pencernaan. 

Saat menjalani diet madu, Anda disarankan untuk menghindari atau mengurangi konsumsi junk food, minuman bersoda, makanan berminyak, dan makanan kemasan. Selain itu, jangan lupa juga untuk berolahraga secara rutin. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Benarkah Minum Madu Sebelum Tidur Bisa Turunkan Berat Badan?"

Posting Komentar